Kamis 02 Mar 2017 15:07 WIB

Walhi Sebut Jumlah RTH di DKI Belum Memadai

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Angga Indrawan
Ilustrasi Banjir
Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif  Walhi, Yaya Nur Hidayati mengatakan, Ruang Terbuka Hijau (TH) di Jakarta sejauh ini masih belum memadai. Yaya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbanyak RTH.

Yaya menilai, RTH merupakan salah satu cara mengatasi persoalan banjir di Jakarta. Pasalnya, RTH dapat menjadi resapan air, terutama air hujan lokal.

“Tapi juga benar-benar untuk ruang terbuka hijau yang bisa menangkap air bukan dibikin RTH tapi dibeton juga sama saja,” ujar Yaya kepada Republika.co.id, Kamis (2/3).

Dengan pembangunan RTH yang dibeton akan tidak akan ada resapan air. Itu disampaikan Yaya menanggapi banjir yang masih terjadi di beberapa wilayah Jakarta akibat hujan deras.

Yaya menambahkan, RTH di Jakarta diharapkan bisa digunakan banyak fungsi. Misalnya sebagai fungsi lingkungan dan sosial atau tempat bermain anak-anak. Yaya menegaskan, harus ada keseimbangan fungsi dari RTH itu sendiri.

“Harus bagaimana memfungsikan RTH sehingga bisa dimaksimalkan untuk Jakarta yang tanahnya terbatas,” kata Yaya. Seperti diketahui, beberapa wilayah di Jakarta mengalami banjir saat hujan deras turun. Akibatnya, beberapa warga terpaksa harus mengungsi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement