Selasa 28 Feb 2017 15:36 WIB

Ini Inovasi Teknologi Lampu Sepeda untuk Cegah Kecelakaan

sepeda
Foto: ebicycles.com
sepeda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersepeda di Jakarta masih meninggalkan risiko keselamatan. Banyak kasus pesepeda tertabrak oleh kendaraan bermotor pada malam hari akibat minimnya penerangan.

Karena itu, lampu menjadi elemen yang wajib dimiliki pesepeda ketika berkendara di malam hari. Kini sejumlah inovasi diciptakan untuk semakin menunjang keamanan penerangan sepeda.

Salah satu produsen lampu sepeda,  Roxim  Technologies,  mensimulasikan inovasi sistem pencahayaan kendaraan bermotor ke sistem pencahayaan sepeda. Layaknya lampu mobil atau motor, sistem lampu milik Roxim ini memungkinkan pesepeda untuk mengatur tingkat pencahayaan. 

Inovasi lampu sepeda ini menawarkan  berbagai  pengaturan   cahaya   yang   terang   dan  luas  dan memungkinkan pecahaya sepeda untuk melihat kondisi jalan secara menyeluruh 

"Sangatlah penting bagi seorang pengendara sepeda memasang lampu sepeda di kendaraannya. Selain mereka harus jelas melihat seluruh jalan ketika bersepeda di malam hari, mereka juga harus mudah dilihat oleh pengguna jalan lainnya," kata Presiden Roxim, Jerry Liu lewat keterangan pers yang diterima Republika, Selasa (28/2).

Dia berharap, dengan inovasi baru penerangan sepeda ini bisa semakin meningkatkan kenyamanan bersepeda. Jika keselamatan pesepeda memadai maka dia optimistis angka pengguna sepeda akan semakin meningkat. Ini juga dapat menjadi solusi atas masalah kemacetan di Ibu Kota.

"Kami ingin memastikan pengendara sepeda terus menikmati perjalanan mereka sementara juga tetap aman, sehingga dapat mengurangi jumlah kematian dan cedera serius terkait kecelakaan lalu lintas, "kata Jerry Liu.

 Saat ini teknologi lampu ini telah mulai didistribusikan ke sejumlah toko sepeda di Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement