Senin 27 Feb 2017 18:13 WIB

Hujan Hambat Perbaikan Jalan Lintas Jawa

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Angga Indrawan
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau jalur pantura Indramayu yang banyak berlubang, Rabu (15/2).
Foto: Republika/Lilis Handayani
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau jalur pantura Indramayu yang banyak berlubang, Rabu (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengakui banyak jalan nasional di sepanjang jalur selatan dan utara Jawa yang mengalami kerusakan. Sedianya, kata dia, perbaikan jalan dapat diselesaikan dengan cepat jika tidak terhambat hujan. 

"Tadi malam ada 270 lubang yang harusnya sudah selesai," kata Basuki, di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (27/2). 

Jika cuaca mendukung, ia menjanjikan penambalan lubang jalan dapat diselesaikan hari ini mulai dari Tegal sampai Semarang. Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Bina Marga Ari Moerwanto menambahkan, perbaikan jalan juga tengah dilakukan di jalur selatan Jawa. Ia menargetkan, semua jalan lintas Jawa akan kembali mulus pada akhir bulan ini. "Kemudian akan kita jaga terus sampai lebaran nanti." 

Sebelumnya, Menteri Basuki mengatakan hampir semua jalan yang rusak diakibatkan oleh tidak adanya drainase. Ia memperkirakan ada sekitar 70-80 persen jalan nasional yang tidak dilengkapi dengan drainase.

Menurut Basuki, selama ini pengerjaan drainase jalan sering diabaikan oleh kontraktor karena bobot pengerjaannya yang jauh kecil jika dibandingkan dengan bobot pekerjaan pembuatan jalan itu sendiri. Sebagai gantinya, kontraktor justru mengkonversi pekerjaan itu dengan menambah panjang jalan. 

Oleh karenanya, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki program untuk membangun drainase di jalan-jalan nasional. Saat ini, sambung Basuki, pekerjaan pembuatan drainase tengah dilakukan di Banyuasin. Selanjutnya, pekerjaan serupa juga akan dilakukan di sepanjang jalur pantai utara Jawa (Pantura) yang dipenuhi warung di sisi kanan dan kiri jalan. 

"Yang banyak warung itu kita akan terabas saja," kata Basuki. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement