Jumat 24 Feb 2017 15:27 WIB

Pengamat Ungkap Sejumlah Penyebab Kekalahan Ahmad Dhani

Rep: Kabul Astuti/ Red: Angga Indrawan
Musisi Ahmad Dhani.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Musisi Ahmad Dhani.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Perolehan suara pasangan calon Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 sudah ditetapkan dalam rapat pleno hasil rekapitulasi suara KPU Kab Bekasi, Kamis (23/2). Popularitas Ahmad Dhani agaknya tetap tak mampu membuat musisi ini meraup perolehan suara melebihi bupati pejawat Neneng Hasanah Yasin.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Islam '45 (Unisma) Bekasi, Adi Susila, menyebut dua faktor utama penyebab kekalahan calon wakil bupati Ahmad Dhani. Salah satunya, Ahmad Dhani tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari tiga partai koalisi yang mengusung dirinya.

"Ahmad Dhani kalah karena tidak bisa merebut suara pemilih perkotaan. Mas Dhani juga tidak sepenuhnya diterima di internal PKS," kata Adi Susila kepada Republika, Jumat (24/2). Pasangan calon nomor urut 2, Sa'duddin-Ahmad Dhani (SAH) diusung oleh Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat.

Bagi Sa'duddin yang juga Bupati Bekasi periode 2007-2012, ini merupakan kekalahan untuk yang kedua kalinya dari Neneng Hasanah Yasin. Pada Pilkada Kab Bekasi 2012, Neneng Hasanah Yasin-Rohim Mintareja (NERO) juga mengandaskan perolehan suara Sa'duddin dan pasangannya Jamalullail Yunus (SAJA).

Perolehan suara Neneng mendominasi hampir di 23 kecamatan, kecuali Tambun Selatan, Tambun Utara, dan Babelan. Berpasangan dengan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Eka Supria Atmaja, politikus Golkar ini memperoleh 471.585 suara atau 39,82 persen.

Adi mengungkapkan, basis suara Neneng paling banyak berada di kawasan pedesaan. "Neneng menang karena konsisten menggarap pemilih pedesaan seperti Muaragembong, Cabangbungin, Sukatani, Sukakarya, Bojongmangu yang lebih loyal," kata Adi Susila.

Perolehan suara Neneng bahkan melampaui 50 persen di beberapa kecamatan, seperti Bojongmangu, Cikarang Pusat, Pebayuran, Setu, dan Tarumajaya. Pebayuran merupakan kampung halaman Neneng Hasanah Yasin. Sementara, Sa'duddin-Ahmad Dhani hanya unggul di tiga kecamatan, yakni Tambun Selatan, Tambun Utara, dan Babelan.

Tambun Selatan merupakan wilayah paling padat penduduk di Kabupaten Bekasi sekaligus tempat tinggal calon bupati Sa'duddin. Kehadiran Ahmad Dhani tidak mampu mendongkrak perolehan suara. Pasangan calon nomor urut 2 ini memperoleh suara 309.410 atau 26,13 persen.

Selengkapnya, pasangan calon nomor urut 1, Meilina Kartika Kadir-Abdul Kholik memperoleh suara 113.596 atau 9,59 persen. Paslon nomor urut 3 Obon Tabroni-Bambang Sumaryono memperoleh suara 208.223 atau 17,58 persen. Paslon nomor urut 4, Iin Farihin-KH Mahmud memperoleh suara 81.436 atau 6,88 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement