Kamis 23 Feb 2017 08:47 WIB

Bima Arya Berjanji Segera Perbaiki Jalan Rusak

Rep: Santi Sopia/ Red: Angga Indrawan
Bima Arya
Foto: Republika/Yasin Habibi
Bima Arya

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berjanji segera memperbaiki kerusakan jalan penghubung akibat longsor  di Kampung Mandala RT 01/09, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara. Akses jalan tersebut ambles sejak Selasa (21/02) lalu. Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan telah menginstruksikan kecamatan dan kelurahan untuk berkoordinasi dengan PLN, PGN dan Telkom karena di lokasi banyak jaringan dan utilitas lain yang dikhawatirkan ikut rusak.

Bima juga meminta untuk dibuat pembatas agar lokasi longsor tidak dilalui warga, karena kondisi tanah sekitarnya sangat rentan terjadi longsor susulan. Hal itu dilakukan sambil dibuat penutupan untuk menahan derasnya air sungai. Sedangkan untuk perbaikan jalan tersebut akan diambil dari biaya tak terduga untuk penanganan bencana.

"Diusahakan cepat diperbaiki," ujar Bima.

Menurut Darman (70), salah seorang warga  setempat, longsornya jalan penghubung ke RT 01/09 tersebut dikarenakan hujan deras. Debit air sungai jadi bertambah  sehingga saluran air tidak mampu menampung dan akhirnya air meluap ke jalan. Pada jam 09.00 pagi saat salah seorang warga melewati jalan selebar empat meter tersebut, terdengar bunyi gemuruh dari bawah dan seketika tanah langsung ambles. Beruntung warga tersebut selamat karena langsung lari ke ujung jalan.

"Sekarang warga takut lewat jalan ini dan harus memutar ke jalan lain,” katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement