Rabu 22 Feb 2017 16:00 WIB

Organisasi Wanita Jambi Dilibatkan dalam Program Gerakan Tanam Cabai

Penandatanganan gerakan tanam (gertam) cabai di Provinsi Jambi dengna melibatkan organisasi wanita di daerah itu
Foto: IST
Penandatanganan gerakan tanam (gertam) cabai di Provinsi Jambi dengna melibatkan organisasi wanita di daerah itu

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- BPTP Balitbangtan Jambi bekerja sama dengan sejumlah organisasi wanita di wilayah itu guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan gerakan tanam (Gertam) cabai di rumah.

Penandatanganan kerja sama dilakukan di BPTP Balitbangtan Jambi Sei Tiga yang diwakili Dr. Ir. Mohammad Takdir Mulyadi, M.M dengan Hj. Sherrin Tharia Zola dari Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Camelia Puji Astuti, S.SN, MA dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Jambi dan Hj. Ida Ratna Dewi SE dari Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Jambi.

Penandatanganan kerja sama disaksikan oleh Sekda Prov. Jambi, H. Erwan Malik mewakili Gubernur Jambi selaku pembina TP PKK Provinsi Jambi.

"Partisipasi ibu-ibu rumah tangga sangat diperlukan karena umumnya mempunyai banyak waktu untuk mengurus tanaman di pekarangan masing-masing," demikian arahan Gubernur Jambi yang disampaikan Sekda Erwan Malik.

Kepala Balitbangtan Mohammad Takdir Mulyadi mengatakan, dengan digandengnya tiga organisasi wanita yang mempunyai kader hingga tingkat desa ini, diharapkan program Gertam Cabai di provinsi Jambi bisa berhasil dengan baik.

"Dan kedepannya anggota organisasi wanita tersebut bisa menjadi motivator dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai dan sayuran lainnya sehingga kebutuhan gizi keluarga bisa dipenuhi dan harga cabai bisa dikendalikan," kata dia.  

Untuk penyediaan bibit, BPTP Balitbangtan Jambi akan menyiapkan 150.000 bibit cabai dan sayuran lainnya di dalam polybag yang siap didistribusikan kepada ibu-ibu rumah tangga secara bertahap selama tahun 2017.

Pembibitan cabai dan sayuran untuk wilayah timur (Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Tebo) dilakukan di Kantor BPTP Jambi, sedangkan untuk wilayah barat (Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Merangin, Sarolangun dan Bungo), BPTP Balitbangtan Jambi menggandeng petani untuk menyiapkan bibit di Kab. Kerinci.  

Daerah yang kesulitan membawa bibit disiapkan dalam bentuk benih beserta juknis penyemaian dan budidayanya. Benih dan bibit tersebut diberikan secara gratis beserta juknis budidayanya, juga diberikan pendampingan oleh BPTP Balitbangtan Jambi dan penyuluh yang ada di desa dan kabupaten tentang budidaya cabai di lahan pekarangan.

Acara diakhiri dengan pembagian bibit cabai dan sayuran lainnya (Selada, Tomat, Seledri dan Terong) berikut dengan media cetak berisi informasi budidaya tanaman tersebut. Animo para undangan sangat besar terlihat dengan semangatnya ibu-ibu menerima dan membawa bibit tanaman sebagai oleh-oleh pulang ke rumah.

Turut hadir dalam acara tersebut pengurus TP PKK Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota, SKPD lingkup pertanian, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Jambi, dan Ketua Bhayangkari Sat. Polda Jambi, Ketua Persit KCK Cabang XXIII Kodim 0415/Batanghari Koorcabrem 042/Jambi, Ketua Bhayangkari Anak Ranting Polsek Kota Baru dan Mestong, IWAPI, KPPI, BKOW, BKMT Provinsi dan Kota Jambi, Ketua Salimah Kota Jambi dan Dharma Wanita Lingkup BPTP Balitbangtan Jambi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement