Kamis 16 Feb 2017 10:45 WIB

Wiranto Apresiasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Berlangsung Aman

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menkopolhukam Wiranto mengapresiasi terselenggaranya Pilkada serentak di 101 daerah yang berlangsung aman, tertib dan lancar. Secara nasional, kata Wiranto, pelaksanaan pilkada serentak berlangsung tanpa hambatan

“Kita patut mensyukuri karena telah melewati saat-saat yang menentukan dalam proses demokrasi yang sedang kita jalani," ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, melalui keterangan pers, Kamis (16/2).

Selain itu, Wiranto juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh stakeholder, baik pemilih, pasangan calon, dan tim pendukungnya serta penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang telah menjalankan perannya dengan baik.

“Hal ini tentu merupakan suatu prestasi yang perlu kita apresiasi dan syukuri bersama,” kata dia.

Terkait dengan hasil pilkada nantinya, seperti halnya sebuah pertandingan yang akan melahirkan pihak yang menang dan pihak yang kalah, Wiranto berharap setiap pihak menerimanya dengan jiwa besar.

“Kita diuji apakah pihak yang kalah dapat menerima secara legawa dan pihak yang menang juga merasa bahwa hal itu bukan semata-mata atas usahanya sendiri tetapi karena dukungan dari rakyat," kata Wiranto.

Wiranto berharap semua pihak dapat menerima dan siap menghadapi kekalahan maupun kemenangan. Apa pun hasilnya, kata dia, tidak ada pihak-pihak yang merasa tidak rela dan menerima dengan legawa sebagai sebuah hasil dari pertandingan.

“Kalah menang adalah harus dihadapi dan siap menghadapinya,” ujar Wiranto.

Untuk beberapa tempat yang masih akan melangsungkan putaran kedua, Wiranto mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan konsolidasi dan mengimbau kepada masyarakat agar tetap melakukan kegiatan sehari-hari yang menjadi profesinya masing-masing.

“Kita bangun cara yang sama, suasana yang kondusif, aman, tertib, lancar dan damai serta sukses," tegas Wiranto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement