Kamis 16 Feb 2017 06:42 WIB

Saleh Partaonan: Suksesnya Pilkada Menunjukkan Kedewasaan Masyarakat

Rep: Lintar Satria/ Red: Angga Indrawan
Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengatakan bangsa Indonesia mesti bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak hari ini. Ada 101 daerah yang menyelenggarakan pilkada yang terdiri dari 7 provinsi, 18 kota, serta 76 kabupaten. Sejauh ini, kata Saleh, semuanya berjalan dengan tertib, aman dan  damai.

"Ini menunjukkan kedewasaan masyarakat dalam berpolitik semakin tinggi. Suhu politik yang tinggi menjelang pilkada, ternyata tidak menyebabkan adanya keributan yang berarti," kata Saleh, Rabu (15/2).

Suksesnya penyelenggaraan pencoblosan, lanjut Saleh, mesti harus diikuti dengan suksesnya penghitungan sampai pada pelantikan kepala daerah baru. Saleh mengatakan masih ada beberapa tahapan lagi sampai pilkada ini selesai. Ia berharap masyarakat dapat tetap mempertahankan suasana tertib dan aman.

"Tentu dalam setiap kompetisi, ada yang kalah dan ada yang menang. Yang menang tidak boleh euforia berlebihan, sementara yang kalah tidak perlu juga bersedih terlalu lama. Tinggal bagaimana mengawal agar kepala daerah terpilih dapat mewujudkan semua janji-janji politiknya saat kampanye," katanya.

Saleh mengatakan pihak pemerintah sudah sepentasnya memberikan apresiasi kepada masyarakat, kepolisian, dan penyelenggara pemilu. Berkat kerja keras semua pihak, kata Saleh, pilkada ini dapat berjalan sesuai dengan yang dijadwalkan. Ia juga berharap pesta demokrasi seperti ini menjadi kebanggaan Indonesia di pentas global.

"Tentu tidak mudah untuk menyelenggarakan 101 pilkada dalam sehari. Ada banyak hal yang menjadi tantangannya. Justru, di situ letak kelebihan kita dari negara-negara lain," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement