Rabu 15 Feb 2017 10:05 WIB
Pilkada DKI

Kapolres: Ada 112 TPS Rawan di Jakarta Selatan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Bilal Ramadhan
 Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, di seluruh wilayah Jakarta Selatan terdapat 2973 TPS. Dari jumlah tersebut, TPS yang masuk dalam kategori rawan terdapat 112 TPS. Menurut Iwan, kategori TPS rawan yakni jauh jangkauan dari polres atau polsek setempat, dan wilayah tersebut menjadi basis pendukung salah satu pasangan calon.

"Untuk di TPS rawan kami menempatkan 2 anggota untuk 4 TPS atau 2 anggota untuk 2 TPS," ujar Iwan yang ditemui di TPS 03 Kelurahan Pulo, Jakarta Selatan, Rabu (15/2).

Iwan menjelaskan, di wilayah Jakarta Selatan ada tiga pola atau kategori TPS yakni aman, rawan 1, dan rawan 2. Untuk pola pengamanan di TPS aman, kepolisian menempatkan 2 anggota yang dibantu 16 Linmas untuk 8 TPS.

Menurut Iwan, biasanya TPS tersebut saling berdekatan sehingga memudahkan anggota kepolisian untuk melakukan pemantauan. "Misal di Kalibata dan Manggarai satu lokasi ada dua TPS, kita sudah melakukan mapping di wilayah Jakarta Selatan sehingga sudah menentukan pola," kata Iwan.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla akan ikut melakukan pencoblosan Pilkada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kelurahan Pulo, Jakarta Selatan yang terdapat di halaman samping Hotel Dharmawangsa.

Dalam daftar pemilih Jusuf Kalla akan mencoblos bersama istrinya yakni Mufidah Jusuf Kalla dan putrinya Chairani Jusuf Kalla. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sejumlah anggota kepolisian dan paspampres tampak menjaga TPS ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement