Rabu 15 Feb 2017 05:44 WIB

Gempa 4 SR Guncang Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa bumi di Sukabumi
Gempa bumi di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Getaran gempa dengan kekuatan 4 skala richter (SR) kembali mengguncang wilayah Sukabumi Rabu (15/2) pagi. Peristiwa tersebut mengagetkan sebagian warga yang tengah tertidur dan sebagian bersiap menunaikan shalat subuh.

Informasi dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa itu terjadi pada pukul 04.47 WIB. Lokasi gempa pada koordinat 6.9 LS 106.82 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di darat 12 kilometer Barat Laut Kota Sukabumi. "Gempanya cukup kuat terasa sehingga warga yang tidur lansung bangun dan keluar rumah," ujar salah seorang warga Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi Kurnia (31 tahun).

Gempa tersebut lanjut dia, lebih besar dibandingkan dengan guncangan gempa yang melanda Sukabumi beberapa waktu lalu. Pasalnya, sejumlah benda di dalam rumah ikut bergoyang akibat gempa.

Warga lainnya di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Faisal (18) juga merasakan getaran gempa. "Gempanya cukup kuat terasa sehingga warga lari keluar rumah," terang dia.

Sebelumnya, gempa yang berpusat di Sukabumi terjadi pada Jumat (10/2) pagi. Data BMKG menyebutkan gempa dengan kekuatan 3,5 SR terjadi pada pukul 10.19 WIB. Lokasi gempa pada koordinat 7.56 LS 106.00 BT yang berpusat di 100 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kedalaman gempa tersebut mencapai 10 kilometer.

Pada Rabu (8/2) lalu Sukabumi juga diterjang dua kali gempa bumi. Gempa pertama terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 05.01 WIB dengan kekuatan 3,3 SR yang berpusat di Sukabumi. Sementara kejadian gempa kedua berlangsung pada Rabu sore sekitar pukul 15.34 WIB. Kekuatan gempa yang mengguncang lebih besar yakni 5,2 SR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement