Selasa 14 Feb 2017 12:00 WIB

Polisi Kawal Proses Distribusi Logistik Pilkada

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Andi Nur Aminah
Polisi mengamankan pendistribusian logistik pilkada serentak (ilustrasi)
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Polisi mengamankan pendistribusian logistik pilkada serentak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Sehari menjelang pelaksanaan pilkada serentak Rabu (15/2), seluruh dukungan logistik pelaksnaan pilkada di Kabupaten Cilacap mulai didistribusikan ke desa-desa. Dalam pendistribusian tersebut, pihak kepolisian dari Polres Cilacap melakukan pengawalan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

"Terutama untuk wilayah yang memerlukan perjalanan cukup jauh, kita memperketat pengawalan," jelas Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK, Selasa (14/2).

Pendistribusian logistik ke wilayah Kecamatan Kampung mislanya, pengawalan dilakukan oleh empat anggota Polsek Kawunganten, dua anggota TNI dari Koramil Kawunganten, dua anggota Sat Pol PP dan seorang panwas dari kecamatan Kampung laut.

"Pengawalan dilakukan sejak kantor sekretariat PPK Kecamatan Kampung Laut ke PPS di empat desa wilayah kecamatan tersebut," jelas Kapolsek Kawunganten AKP Budi Suryanto.  

Wilayah Kecamatan Kampung Laut terdiri atas empat desa yakni Desa Panikel, Ujunggagak, Ujungalang dan Desa Klaces. Di empat desa ini, KPU memutuskan untuk mendirikan 37 TPS. Menurutnya, logistik yang mulai dibagikan berupa kotak suara yang di dalamnya berisi surat suara dan bilik suara lengkap dengan perlengkapan administrasi lainya.

Sedangkan pendistribusian dilakukan dengan menggunakan dua unit perahu milik Kecamatan Kampung Laut. Kapolsek juga menyebutkan, banyaknya personel yang dilibatkan dalam proses pengawalan logistik, bukan karena angka kriminalnya yang tinggi atau suhu politik yang memanas. Tapi  karena jarak tempuhnya yang cukup jauh dan mayoritas daerah yang terdiri dari perairan dan muara.

Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto, menyatakan jumlah personel pengamanan yang diterjunkan untuk pengawalan proses pendistribusian logistik sudah cukup memadai. "Saya jamin, pedistribusian kotak suara dan logistik pilkada akan berlangsung aman sampai ke PPK," katanya.

Kapolres juga menyatakan, dalam rangka pengamanan pilkada ini pihaknya telah menambah kekuatan untuk memperkuat penjagaan di obyek-obyek vital yang ada di wilayah Cilacap. Obyek vital yang diperkuat penjagaannya, antara lain kompleks kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap.

"Selain dilakukan penjagaan oleh petugas reguler dari Polres Cilacap, kita juga menambah personil dari Satuan Brimob sebanyak sejumlah 85 personil. Mereka bertugas untuk berjaga di obyek-obyek vital," jelasnya.

Sebagaimaa diketahui, dalam mengamankan pilkada Kabupaten Cilacap, pihak kepolisian setempat menurunkan 700 personil baik dari Polres maupun Polsek untuk melakukan pengamanan. Mereka ditambah 1 SSK anggota TNI, dan 7.260 anggota linmas dari desa-desa. ''Mulai  hari ini, mereka sudah ditempatkan di lokasi tugasnya masing-masing,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement