Senin 13 Feb 2017 21:00 WIB

Masa Tenang, Modus Wisata Ziarah Gratis Berdatangan

Jalan Raya Condet
Foto: IST
Jalan Raya Condet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki masa tenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 diwarnai ajakan wisata walisongo gratis. Salah satu yang didatangi adalah warga Condet, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Aan Zarkasih, salah satu warga mengungkapkan, pada Sabtu (11/2) lalu, ada beberapa orang yang mengajak wisata ziarah gratis. Mereka mencari majelis taklim kaum ibu yang terletak di sekitar Jalan Eretan 2. 

"Dia nanya ada ibu-ibu yang mau wisata ziarah gratis enggak? Pulangnya dari sana tanggal 14,"ujar Aan saat berbincang dengan Republika di Jakarta, Senin (12/2). Dia menjelaskan, orang tersebut menggunakan mobil. Jumlahnya tiga orang. Satu di antaranya perempuan. Menurut dia, mereka bukan warga sekitar Balekambang. "Yang jelas bukan orang sini,"kata Aan. 

Aan yang sehari-hari membuka usaha sosis bakar menjelaskan, kedatangan mereka tidak berlangsung lama. Menurut Aan, mereka langsung pergi saat ada seorang warga berpakaian pensi (khas betawi) menanyakan darimana mereka berasal. "Habis ditanya begitu dia pada kabur enggak jawab lagi,"ujar dia. 

Informasi mengenai adanya dugaan upaya memperbesar angka golput lewat wisata gratis sempat tersebar di jejaring  sosial. Informasi tersebut mengingatkan tentang adanya ziarah Walisongo dari tanggal 11 hingga 14 Februari.

Modus tersebut terungkap karena adanya lembaran fotokopi formulir pendaftaran wisata ziarah gratis di salah satu daerah di Jakarta. Berdasarkan formulir tersebut, ziarah tersebut mengambil rute Jakarta-Jawa-Madura. Para peserta akan mendapatkan penginapan gratis, makan, uang saku hingga oleh-oleh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement