Senin 13 Feb 2017 18:35 WIB

Contraflow Cawang-Semanggi akan Dilakukan Hingga Akhir Tahun

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah kendaraan roda empat melintas di ruas jalan Tol Dalam Kota ketika diberlakukan uji coba contra flow atau lawan arus (ilustrasi)
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Sejumlah kendaraan roda empat melintas di ruas jalan Tol Dalam Kota ketika diberlakukan uji coba contra flow atau lawan arus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jasa Marga bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya mulai melakukan uji coba contraflow di ruas tol dalam kota (Dalkot) dari Cawang arah Semanggi Jakarta. Rekayasa lalu lintas tersebut akan diberlakukan pada hari kerja mulai Senin (13/2) sampai Jumat (17/2) pada pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Sementara, untuk hari Sabtu, Ahad, dan libur nasional hal ini tidak diberlakukan.

Wakadishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil evaluasi dari Jasa Marga. Namun, Sigit mengatakan, jika nantinya berlangsung lancar, maka akan diberlakukan ujicoba jangka panjang hingga Desember tahun ini sesuai permintaan Jasa Marga.

"Contraflow Cawang-Semanggi, evaluasi dari Jasa Marga untuk pagi hari arus di ruas jalan tersebut kan semakin besar, karena dampak pembangunan LRT Cawang. Maka tol jadi dominan, sementara arah sebaliknya relatif lancar. Makanya rencananya akan dilakukan uji coba sampai Desember nanti," ujar Sigit saat dihubungi Republika.co.id, Senin (13/2).

Sigit menuturkan, sejauh ini hasil evaluasi contraflow yang dilakukan, secara kasat mata dapat mengurai kemacetan. Namun, kata dia, pemerintah masih akan melakukan evaluasi lagi.

"Hasil ujicoba sejauh ini membantu mengurai kemacetan di jam-jam tertentu saja. Tapi evaluasinya kita lihat sebulan lagi, tapi sejauh ini kalau kasat matanya dapat mengurai kemacetan," ucapnya.

Sigit menjelaskan lebih lanjut, kebijakan itu dilakukan terkait dengan pembangunan LRT dan flyover Pancoran yang sudah mulai dilakukan di Jalan MT Haryono. Sehingga terjadi penurunan kapasitas Jalan Arteri atau penyempitan dari 12 meter menjadi enam meter. Sementara, ruas tol yang akan diberlakukan contraflow adalah mulai dari KM 1+700 sampai KM 8+100. "Bagi masyarakat pengguna jalan yang selama ini melintasi jalan tersebut untuk tetap hati-hati, memperhatikan petunjuk rambu-rambu," kata Sigit.

Adapun pentahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

1. Sosialisasi contraflow sudah dilaksanakan 10 hingga 12 Februari 2017.

2. Uji coba pelaksanaan contraflow akan dilaksanakan 13 hingga 17 Februari. Hari libur nasional dan tanggal merah tidak dilakukan contraflow.

3. Pelaksanaan contraflow mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB.

4. Contraflow dimulai dari KM 1+700 sampai KM 8+100 yaitu jalur A Cawang sampai di depan Polda atau setelah off ramp Polda Metro Jaya

5. Jalur contraflow hanya berlaku untuk kendaraan kecil atau mobil roda empat. Bus tidak diperkenankan menggunakan jalur contraflow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement