Senin 13 Feb 2017 17:16 WIB

Pasar Sarijadi Jadi Pasar Kreatif

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Revitalisasi Pasar Sarijadi, sudah akan rampung. Pasar ini, dibuat menjadi pasar yang modern dan keren dengan desain seperti museum. Jadi, menghilangkan kesan pasar yang indentik dengan kotor dan becek.

Menurut Wali Kota M Ridwan Kamil, Ia membuat Pasar Sarijadi menjadi sebuah tempat yang nyaman dan terdapat jiwa seninya. Sehingga, pengunjung dan pedagang sama-sama merasa betah saat bertransaksi di pasar tersebut. Bahkan, Ridwan Kamil berharap, Pasar Sarijadi akan menjadi pasar kreatif pertama di Indonesia.

"Kami harapkan, ini akan menjadi pasar kreatif jadi akan kami pikirkan jenis-jenis barangnya," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai meninjau Pasar Sarijadi di Jalan Sariasih, Kota Bandung, Senin (13/2).

Emil berharap, setelah pembangunannya selesai, warga lokal yang didahulukan untuk mendapatkan lapaknya. Lalu, PKL yang ada dekat sini ditarik kedalam. "Jangan ada oknum yang memasukan pedagang sembarangan," kata Emil.

Pasar Sarijadi, kata dia, akan ditempati oleh 60 persen pedagang tradisonal seperti sayur-sayuran. Selain itu, akan disediakan tempat untuk food court supaya pengunjung bisa menikmati makanan ditempat. Emil mengatakan, Pasar Sarijadi ini pun akan di desain seperti museum yang enak dan bersih. Sehingga, pedagang dan pembeli akan sama-sama nyaman saat bertransaksi.

Bahkan, kata Emil, tembok atau dinding yang berada di Pasar Sarijadi akan dibuat artistik untuk memanjakan mata pengunjung. Di antaranya, akan dipasang tanaman menjalar sepanjang tembok dan seni lukis mural yang digambar oleh seniman Kota Bandung. Selain itu, akan dibuat pameran foto pedagang. Jadi, semua pedagang difoto lalu ditempel dibelakang lapak dagangnya.

Pasar Sarijadi sendiri, kata dia, terdiri dari 4 lantai. Emil ingin, lahan tersebut dimaksimalkan sehingga tidak ada lahan yang kosong. Emil pun menyarankan kepada PD Pasar untuk menyediakan meja dan bangku untuk para pengunjung beristirahat.

Selain tempat untuk berdagang, kata dia, Pasar Sarijadi ini menyediakan 12 kamar untuk dijadikan kantor atau penginapan sewa kerja bagi siapa pun yang ingin menginap ditempat ini. Funitur untuk berdagang sendiri disediakan oleh pihak PD pasar dan diperkirakan 2 sampai 3 bulan kedepan akan resmi dibuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement