Sabtu 11 Feb 2017 11:53 WIB

Peserta Aksi Damai 112 Jangan Mudah Terprovokasi

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Andi Nur Aminah
Seratus ribu lebih massa aksi 112 memenuhi Masjid Istiqlal dan area di sekitar masjid, Sabtu (11/2)
Foto: Wahyu Suryana
Seratus ribu lebih massa aksi 112 memenuhi Masjid Istiqlal dan area di sekitar masjid, Sabtu (11/2)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi Damai 112 yang dihadiri umat Islam di Masjid Istiqlal Jakarta hari ini diharapkan dapat berlangsung dengan tertib dan lancar. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Abdurrahman Suhaimi mengatakan, aksi yang digelar sejak Subuh ini harus menjadi penyejuk di tengah situasi politik yang sedang memanas di ibu kota.

“Aksi Damai 112 sejatinya bisa menyejukkan dan menggetarkan jiwa kita semua, karena aksi ini merupakan bentuk kesadaran tinggi dan kecintaan umat Islam kepada bangsa dan negara,” katanya kepada Republika.co.id, Sabtu (11/2).

Dia menuturkan, lewat aksi hari ini, kaum Muslim diharapkan mampu menunjukkan wajah Islam yang damai dan beradab. Seperti aksi-aksi serupa yang pernah digelar sebelumnya, yakni Aksi Damai 411 dan 212, ketika itu tidak ada rumput taman kota yang rusak dan semua sarana publik terjaga dengan baik. “Tidak ada perkataan dan sikap provoktif juga,” ujar Suhaimi.

(Baca Juga:  Peserta Aksi 112 Penuhi Tiap Sudut Masjid Istiqlal)

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta itu berpendapat, Aksi Damai 112 semestinya bisa menjadi wadah untuk menyerukan amar ma’ruf dan nahi munkar. Apalagi, tujuan aksi kali ini sudah sangat jelas, yaitu menuntut ditegakkannya hukum dan keadilan di negeri ini.

“Harapan saya Pemprov DKI Jakarta, aparat keamanan, serta pihak-pihak terkait lainnya dapat memberikan pelayanan dan pengawalan yang optimal, persuasif, dan bersahabat. Dengan begitu, Aksi Damai 112 bisa berjalan lancar dan tanpa gejolak,” ucap Suhaimi.

Dia pun mengingatkan kepada kaum Muslim yang mengikuti aksi hari ini agar senantiasa menjaga kewaspadaan terhadap oknum-oknum yang memiliki niat jahat untuk merusak citra Islam. “Saya mengingatkan kepada saudara-saudara yang mengikuti Aksi Damai 112 untuk tetap waspada teradap orang-orang yang ingin mengambil kesempatan untuk kepentingan jahat dan membuat citra Islam menjadi buruk dan tercoreng. Luruskan niat, rapatkan barisan, satukan komando, tetap sabar, dan jangan mudah terprovokasi,” kata Suhaimi lagi.

(Baca Juga:  Menjelang Siang Massa Aksi 112 Terus Bertambah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement