Sabtu 11 Feb 2017 05:30 WIB

Soal Ancaman Jemput Paksa Habib Rizieq, Markaz Bogor Dijaga Massa

Rep: Santi Sopia/ Red: Ilham
Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sejak Jumat (10/2) hingga Sabtu (11/2) pagi, sepanjang jalan menuju Markaz Syariah Pesantren Agrokultural, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupeten Bogor tampak dijaga sekumpulan massa di sejumlah titik. Pantauam Republika.co.id, beberapa kendaraan roda dua tak hentinya berseliweran di sekitar markaz.

Massa yang beberapa di antaranya mengenakan baju putih-putih itu diduga merupakan pendukung Front Pembela Islam (FPI). Ada pula kelompok yang menggelar api unggun kecil di titik masuk markaz pesantren asuhan Imam Besar FPI, Habib Rizeq Syihab tersebut.

Massa dengan pakaian serba putih itu juga terkonsetrasi di beberapa lokasi, seperti di Simpang Gadog, Simpang Pasir Muncang, dan sepanjang Jalan alternatif Pasirmungcang, Megamendung maupun Cisarua. Penjagaan ini dikabarkan tak terlepas dari adanya isu penjemputan paksa oleh aparat kepolisian terhadap Habib Rizieq Syihab.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya mengatakan, Habib Rizieq seharusnya menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan penodaan Pancasila hari Jumat (10/2). Namun, Habib Rizieq tak menghadiri agenda pemeriksaan yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB di Mapolda Jabar tersebut.

"Aparat bisa saja melakukan penjemputan apabila panggilan kedua masih tidak diindahkan," kata dia.

Sebelumnya aparat kepolisian disebut-sebut akan melakukan penjemputan Habib Rizieq dalam dua skenario. Pertama, pengerahan personel untuk masuk tanpa mundur kembali ke dalam Markaz Syaria untuk menjemput Habib Rizieq. Kedua, melakukan ops 21 di GT Ciawi untuk menghambat kendaraan yang akan keluar tol Ciawi guna mempermudah penangkapan terhadap sasaran dengan cara represif. Tetapi sampai Sabtu pagi, tidak ada tanda penjemputan paksa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement