Kamis 09 Feb 2017 03:00 WIB

Konten Berita Harus Dipegang Media Lokal

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Winda Destiana Putri
Konvensi Nasional Media Massa di ajang Hari Pers Nasional 2017 di  Baileo Siwalima, Ambon, Rabu (8/2).
Foto: Wahyu Suryana/Republika
Konvensi Nasional Media Massa di ajang Hari Pers Nasional 2017 di Baileo Siwalima, Ambon, Rabu (8/2).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Pendiri Kumparan.com Budiono Dharsono mengingatkan, sosial media dan e commerce sudah dikuasai asing. Maka itu, ia menekankan, media-media lokal harus menjadi tuan rumah atas konten-konten berita di Indonesia.

"Sosmed dan e commerce asing sudah masuk, untuk konten news pemain asing belum masuk, masih dikuasai pemain lokal," kata Budiono, Rabu (8/2). Tapi, lanjut Budiono, walau masih menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bukan berarti bebas dari ancaman pemain asing. Karenanya, media-media lokal harus menciptakan inovasi dan kreativitas, sehingga dapat menjaga konten berita yang dimiliki.

Baca juga: AJI: Verifikasi untuk Jaga Kredibilitas Pers

Budiono melihat, ada satu contoh baik kolaborasi yang sepekan terakhir terjadi, yaitu tentang langkah Blue Bird menjalin kerjasama dengan Gojek. Ia melihat, itu bukan kejatuhan melainkan langkah realistis dan diperkirakan mampu bersaing di pasar. "Seharusnya, pola kolaborasi seperti ini dikembangkan oleh media, bukan cuma konten tapi iklan," ujar Budiono.

Untuk itu, ia menambahkan, kolaborasi itu sangat tepat dilakukan di Indonesia saat ini, termasuk memberi regulasi yang adil. Menurut Budiono, itikad baik pemerintah sebenarnya sudah terlihat, tapi sampai saat ini memang belum terlihat hasilnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement