Rabu 08 Feb 2017 17:32 WIB

Membobol ATM Bermodal Tusuk Gigi

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Teguh Firmansyah
Kartu ATM/ilustrasi
Foto: topnews.in
Kartu ATM/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kepolisian Sektor Majenang Polres Cilacap, berhasil meringkus terduga penguras dana puluhan juta rupiah pemilik kartu ATM. Tersangka yang dibekuk bernama Basuki (26) warga Kampung Pangkalan Desa Wangi Sagara Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

''Tersangka kami tangkap setelah kami mendapat laporan dari seorang korban yang mengaku kehilangan dana Rp 13 juta simpanannya di bank, setelah mengira kartu ATM-nya tertelan di mesin ATM,'' jelas Kapolsek Majenang AKP Fuad mewakili Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto, Rabu (8/2).

Dari tersangka, Polsek Majenang menyita gergaji besi, gunting, satu bungkus tusuk gigi dan cotton bud, dan 14 macam kartu ATM berbagai bank yang 4 di antaranya sudah dimodifikasi dengan tali untuk menarik kembali bila tertelan di mesin ATM.

Selain itu, polisi juga menyita mobil Honda Jazz bernopol B-121-BH, uang tunai Rp 2 juta, dan 2 unit telepon genggam yang diduga merupakan pembelian dari uang hasil kejahatan.

Dari pemeriksaan tersangka, Kapolsek menyebutkan, modus yang dilakukan dalam merampok dana simpanan nasabah bank pemilik kartu ATM ini, terbilang unik. ''Dia hanya menggunkan potongan tusuk gigi yang dimasukan ke dalam mesin ATM,'' jelasnya.

Dengan memasukkan tusuk gigi ke mesin ATM, maka nasabah yang akan mengambil uang di mesin, kartu ATM-nya akan macet dan mesin tidak bisa membaca kartu ATM. Sementara untuk mengeluarkan kartu ATM, juga tidak bisa.

''Saat korban kebingungan, pelaku yang berada di sekitar mesin ATM akan mendekati korban dan berpura-pura membantu mengeluarkan kartu ATM. Sebelumnya, dia menyatakan harus menggunakan nomor pin ATM korban,'' jelasnya.

Baca juga,  Dua Pembobol ATM Ditangkap di Banjar.

Namun setelah sempat mengutak-atik beberapa lama, tersangka berpura-pura tetap tidak bisa mengeluarkan kartu ATM. Setelah korban pergi, tersangka baru mengeluarkan kartu ATM korban dan mengambil tusuk gigi dalam mesin ATM, kemudian mengulang memasukkan kartu ATM tersebut untuk dikuras uangnya.

.

''Perbuatan pelaku terakhir, diketahui saat akan melakukan jal serupa di ATM BRI Majenang. Namun ulah tersangka tersebut diketahui petugas Satpam, yang kemudian melaporkan perbuatan tersangka tersebut,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement