Selasa 07 Feb 2017 07:01 WIB

Tersangka Perusakan Mapolsek Cisolok Bertambah Jadi 16 Orang

Rep: Joko Suceno/ Red: Andi Nur Aminah
Kantor Polres Cisolok yang dirusak massa, Jumat (3/2)
Foto: Joko Suceno/Republika
Kantor Polres Cisolok yang dirusak massa, Jumat (3/2)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI --Jumlah tersangka perusakan Mapolsek Cisolok, Kabupaten Sukabumi terus bertambah. Sampai Senin (6/2) jumlah tersangka berjumlah 16 orang. Para pelaku perusakan Mapolsek Cisolok tersebut menyerahkan diri dengan diantar tokoh nelayan setempat.

Para tersangka tersebut, kemudian menjalani pemeriksaan di Mapolsek Cisolok dan ditahan.  "Awalnya sembilan orang menyerahkan diri. Hari ini bertambah lagi jadi total tersangka sebanyak 16 orang," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus kepada para wartawan, Selasa (6/2).

Yusri mengatakan kondisi di Kecamatan Cisolok sampai saat ini dalam kondisi kondusif. Karena itu sebanyak dua peleton Brimob Polda Jabar sudah ditarik ke Cianjur. Sedangkan personel Dalmas ditarik ke Polres Sukabumi. Untuk penjagaan Polsek Cisolok, imbuh dia, dikembalikan kepada personel setempat. "Situasinya sudah kondusif," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 200 massa warga Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sikabumi merusak kantor Polsek setempat. Akibat aksi anarkis warga, kantor Mapolsek Cisolok dan sebuah mobil yang parkir di halaman rusak diamuk warga. Aksi perusakan mapolsek tersebut diduga dipicu oleh ditangkapmya seorang warga lantaran melakukan jual beli benur. Peristiwa tersebut terjadi Jumat (3/2) sekitar pukul 17.00 WIB. "Tidak ada korban jiwa dalam aksi tersebut. Situasi sudah terkendali," kata Yusri.

Peristiwa perusakan Mapolsek, Yusri mengatakan, berawal dari tindakan jajaran Polri Sukabumi terhadap warga yang diduga melakukan transaksi jual beli benur. Sebanyak tujuh anggota polisi bermaksud mengamankan warga yang diduga melakukan jual beli benur tersebut. Namun langkah lisi itu mendapat perlawanan dari warga.

Ratusan warga kemudian mendatangi lokasi penangkapan. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, polisi kemudian melakukan mediasi dengan tokkoh warga setempat di sebuah Rumah Makan Popo namun saat polisi dan tokoh warga bermusyawarah, ratusan warga sudah berkumpul di sekitar rumah makan tersebut. "Sekitar 500 warga melakukan aksi nekad merusak mobil anggota Satreskrim yang sedang melakukan mediasi," kata dia.

Pada saat yang sama, sekitar 200 warga bergerak menuju Mapolsek Cisolok dan melakukan aksi perusakan. Mereka melempari kantor mapolsek dengan batu dan benda keras lainnya. Kaca pintu dan jendela mapolsek pun hancur berantakan. Tak hanya itu, warga juga merusak mobil Toyita Avanza milik anggota polisi yang terparkir di halaman.

Untuk meredakan amuk massa, sejumlah lersonel dari Polres Sukabumi dikerahkan. Situasi akhirnya bisa terkendali. "Polisi telah melakukan penyelidikan menyusul aksi perusakan malolsek tersebut. Polisi belum melakukan penahanan terhadap warga yang diduga melakukan aksi perusakan," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement