Jumat 03 Feb 2017 19:47 WIB

KPUD DKI: Ada 21 Ribu Surat Suara Rusak

Pilgub DKI (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Pilgub DKI (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioer Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan ada sebanyak 21.000 surat suara yang rusak. Jumlah tersebut setelah KPU kota melakukan penyortiran terhadap surat suara.

"Ada 21 ribuan surat suara rusak, itu setelah disortir tahap pertama," kata Betty di Jakarta, Jumat (3/2).

Dia mengatakan jumlah surat suara rusak itu jumlahnya tidak terlalu banyak dibandingkan jumlah surat suara yang disiapkan KPU Jakarta yaitu 7,2 juta. Menurut dia, KPU Jakarta akan mengembalikan surat suara yang rusak itu kepercetakan di Makassar untuk dicetak ulang.

"Nanti akan dikembalikan ke percetakan di Makassar, lalu mereka akan cetak ulang. Prosesnya akan cepat kemungkinan sehari karena yang rusak 21.000," ujarnya.

Menurut dia setelah surat suara perbaikan dikirim ke Jakarta, maka dilakukan penyortiran tahap kedua di masing-masing KPU Kota sebelum didistribusikan. KPU Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan jadwal pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta pada 15 Februari 2017.

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang bertarung dalam Pilkada Jakarta yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Dalam Pilkada 2017, total Daftar Pemilih Tetap di DKI Jakarta sebanyak 7.108.589 dan KPU Jakarta telah menyiapkan 7,2 juta surat suara. Dalam Pilkada DKI Jakarta terdapat 13.023 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement