Selasa 31 Jan 2017 12:05 WIB

Anies-Sandi Siapkan Program 'Baca Bersama' untuk Lansia

Pendukung Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S. Uno memakai atribut kampanye di Johar Baru, Jakarta, Kamis (10/11).
Foto: Antara
Pendukung Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S. Uno memakai atribut kampanye di Johar Baru, Jakarta, Kamis (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor 3, Sandiaga Uno, akan membuat program 'Membaca Bersama' untuk warga lanjut usia (lansia). Program ini dirancang agar para manula bisa tetap produktif di hari tua mereka.

"Lansia itu harus tetap dilatih agar tetap produktif dengan menyandingkan program ''Membaca Bersama' dengan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)," kata Sandiaga di Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin.

para manula dapat mengajarkan membaca untuk anak-anak PAUD. Hal ini penting bagi lansia agar tetap terlatih fungsi otaknya sehingga terhindar dari alzheimer.

"Program membaca bersama untuk lansia menghindari alzheimer dengan memberikan kegiatan yang positif," kata pasangan dari cagub Anies Baswedan ini.

Masih terkait masalah pendidikan, Anies sebelumnya menilai minat baca masyarakat tidaklah rendah, tetapi daya baca yang justru rendah. Sebagian besar masyarakat berminat membaca hanya terkait hal-hal di media sosial.

Daya baca, menurut Anies, merupakan kemampuan sesorang untuk membaca buku. Untuk meningkatkan daya baca ini, Anies bersama Sandi berencana membangun taman baca di setiap perkampungan di Jakarta. "Keberadaan taman baca inilah yang akan meningkatkan daya baca masyarakat terjhadap buku," ujar Anies.

Buku-buku yang akan disediakan oleh taman bacaan ini akan sangat bervariasi karena pasangan nomor urut 3 ini akan menggandeng berbagai pihak untuk menyumbangkan buku-buku. "Sehingga dalam segi kuantitas, buku-buku di taman baca itu akan memenuhi kebutuhan pembaca," kata mantan mendikbud itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement