Jumat 27 Jan 2017 09:50 WIB

Longsor Tutup Ruas Jalan Tomohon-Manado

Perbaikan jalan longsor. (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Perbaikan jalan longsor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOMOHON -- Material batu, tanah dan bambu masih menutupi akses jalan utama dari arah Tomohon menuju pusat pemerintahan Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) di titik Tambulinas, Kelurahan Tinoor, Jumat (27/1). Diperkirakan material longsor menutupi jalan hingga sepanjang 40 meter.

"Kira-kira material longsor yang menutupi badan jalan sepanjang 40 meter. Pekerjaan pembersihan agak kesulitan karena banyak material batu yang berukuran besar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Robby Kalangi di Tomohon.

Saat ini, kata dia, proses pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan sejak Kamis (26/1) sore masih berlangsung dan menunggu mobilisasi dua kendaraan alat berat eksavator.

"Dua alat berat masih sementara melakukan pembersihan, jadi nanti ada empat alat berat buldozer dan eskavator yang melakukan pembersihan," katanya.

Lanjut mantan camat Tomohon Selatan itu, proses pembersihan material longsoran kerap dihentikan karena sering terjadi longsor susulan.

"Memang agak rawan terjadi longsor susulan karena kontur tanah sekitar lokasi longsor tinggi dan cukup miring," katanya.

Diperkirakan sebanyak 50 personel balai pelaksana jalan, BPBD Tomohon, aparat TNI-Polri, jajaran lainnya dan masyarakat ikut membantu pembersihan jalan nasional itu, kata dia.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala serius selama proses pembersihan lokasi longsor ini. Tambahan peralatan berat jenis eskavator dengan personil diharapkan bisa membuka ruas jalan ini," ujarnya optimistis.

Hingga saat ini, kendaraan yang datang dari arah Tomohon dan Manado masih menggunakan jalur alternatif yang melintasi permukiman dan perkebunan Kelurahan Tinoor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement