Jumat 20 Jan 2017 16:14 WIB

Polres Lombok Tengah Prioritaskan Keamanan di Kawasan Wisata

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Winda Destiana Putri
Wisata Lombok
Foto: IndonesiaTravel
Wisata Lombok

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat AKBP Nurodin mengatakan, kawasan wisata merupakan salah satu prioritas utama bagi Polres Lombok Tengah. Kawasan wisata di Lombok Tengah mulai menancapkan eksistensinya dalam beberapa tahun terkahir.

Deretan pantai seperti Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, dan Pantai Tanjung kini menjadi salah satu destinasi wisatawan selain Pantai Senggigi di Lombok Barat dan Gili Trawangan di Lombok Utara. "Secara umum keamanan (Lombok Tengah) sekarang cukup kondusif, upaya-upaya sudah banyak kita lakukan khususnya di tempat wisata yang menjadi prioritas," ujarnya di Lombok Tengah, NTB, Jumat (20/1).

Selain tindakan preventif dengan menggelar patroli rutin, Polres Lombok Tengah juga akan menaruh CCTV di 26 titik kawasan wisata dengan dukungan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang ditunjuk mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Dia menyebutkan, angka kriminalitas di Lombok Tengah terus menurun dari ke tahun. "Kriminalitas secara total turun sekitar 20 persen hingga 30 persen," ungkapnya.

AKBP Nurodin menilai, dari sejumlah penangkapan yang dilakukan anggotanya, kerap ditemukan pelaku yang sama. Menurutnya, penurunan angka kriminalitas tidak hanya bisa melalui tindakan preventif, namun juga dari sisi pemberdayaan bagi masyarakat sekitar. "Tidak cukup hanya represif penangkapan, kita juga lakukan pendekatan kepada masyarakat, contoh dengan water canon untuk kirim air bersih, mungkin juga buatkan sumur bagi masyarakat," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement