Selasa 17 Jan 2017 14:35 WIB

Dua Halte Transjakarta Kembali Dibuka Usai Sidang Ahok

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
 Halte bus Transjakarta yang ditutup akibat pengalihan arus di perempatan Ragunan, Jakarta Selatan.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Halte bus Transjakarta yang ditutup akibat pengalihan arus di perempatan Ragunan, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sidang keenam kasus penistaan agama yang dilakukan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Gedung Kementerian Pertanian telah usai digelar, Selasa (17/1) sekitar pukul 13.00 WIB. Dua Halte Transjakarta yang sebelumnya sempat ditutup pun kini kembali dibuka.

Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Purwanta mengatakan Jalan RM Harsono akan kembali dibuka dan aktivitas masyarakat berjalan dengan normal. Kegiatan operasional Transjakarta khsususnya di Halte Kementerian Pertanian dan Halte Ragunan juga akan berjalan dengan normal.

"Selain jalanan, halte Tranjakarta juga akan dibuka kembali untuk masyarakat," ujar Purwanta saat ditemui di depan Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1).

Namun, lanjut Purwanta, jalanan akan kembali dibuka setelah kedua masa aksi yang pro dan kontra Ahok selesai menyampaikan aspirasinya, terutama dari massa kontra Ahok yang masih terus melakukan orasi walaupun sidang telah usai.

Pantauan Republika.co.id, para petugas kepolisian pun juga telah menarik mobil water cannon dan Baracuda yang tadinya terparkir di depan barisan massa aksi kedua belah pihak itu. Mereka juga telah mengambil kawat berduri yang dipasang untuk memisahkan dua kubu.

"Kita akan bubarkan massa pro dan kontra secara bergantian alasannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Sebelumnya, sidang dugaan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali digelar di Auditorium Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1). Akibat adanya sidang tersebut, dua halte Transjakarta pun menjadi non-aktif.

"Hari Selasa ini, mulai 03.00 WIB, jalur Kementerian Pertanian ditutup Polri. Secara otomatis Halte Ragunan dan Halte Kementan, negatif (tak beroperasi)," ujar Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph saat dikonfirmasi, Selasa (17/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement