Ahad 15 Jan 2017 12:31 WIB

Amien Rais: Kalau NKRI Nggak Mau Runtuh, Tegakkan Keadilan

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
Amien Rais
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua MPR RI Amien Rais mengingatkan, seluruh eleman bangsa Indonesia untuk berlaku adil. Hal tersebut disampaikannya usai memberikan tausiyah kepada ribuan jamaah pada acara Tabligh Akbar Politik Islam dan shalat Subuh berjamaah di Masjid Al-Azhar, Jakarta, Ahad (15/1).

Ia mengatakan, benang emas Alquran adalah keadilan. Setiap khatib turun dari mimbar pasti membaca innallaha ya'muru bil adli wal ikhsan. "Yang pertama-pertama disuruh Allah itu menegakkan keadilan, keadilan sosial, ekonomi, pendidikan, hukum, dan lain sebagainya," kata Amien kepada Republika, Ahad (15/1).

Amien mengatakan, di mana pun yang berlaku tidak adil pasti akan runtuh. Contohnya, Uni Soviet dan Yugoslavia tidak adil, mereka hancur. "Di mana-mana seperti itu," ucapnya.

Karena itu, dia menegaskan, kalau NKRI mau tetap tangguh, maka harus berbuat adil. Jangan sampai sebagian kecil masyarakat mencaplok 99 persen ekonomi. Sementara masyarakat kecil dibiarkan sengsara hidupnya.

"Kalau NKRI nggak mau runtuh tegakkan keadilan sosial, ekonomi, politik dan hukum," ujarnya.

Dikatakan Amien, intinya orang Islam harus selalu waspada kalau ada kezaliman sosial, hukum, ekonomi dan politik. Sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI, maka harus menegakkan keadilan sosial, ekonomi, politik dan hukum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement