Rabu 11 Jan 2017 06:29 WIB

Agus Akui Sulit Bendung Urbanisasi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Angga Indrawan
 Cagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkampanye di rusun Jatinegara Barat, Jakarta, Ahad (8/1).
Foto: Republika/Prayogi
Cagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkampanye di rusun Jatinegara Barat, Jakarta, Ahad (8/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sulit untuk membendung perpindahan penduduk dari desa menuju ibu kota. Terlebih, menurutnya setiap warga Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendatangi ibu kotanya demi mencari penghidupan yang layak.

"Namanya urbanisasi sulit untuk dielakkan. Ini adalah ibu kota negara. kita semua warga Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendatangi ibu kotanya, mencari penghidupan yang layak dan lain sebagainya," kata Agus di Kelurahan Bungur, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1).

Namun begitu, berduyun-duyunnya masyarakat yang mencoba mencari peruntungan dari desa menuju Jakarta harus sesuai aturan yang ada. Menurutnya, tentu ada regulasi yang harus dipenuhi.

Lebih penting dari itu, urbanisasi tersebut manurutnya harus bisa dikelola dengan baik tanpa harus menolak mereka datang ke Jakarta. Pemerintah juga menurutnya harus bisa membuka peluang yang baik, agar warga yang hidup di Jakarta semakin baik kehidupannya.

"Yang penting kita meyakinkan urbanisasi itu dapat dikelola dengan baik tanpa harus menolak mereka. Yang paling penting, bagaimana pemerintah bisa membuka peluang yang lebih baik lagi agar warga kita yang sudah ada di sini makin baik kehidupannya," terang Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement