Jumat 06 Jan 2017 13:20 WIB

Pergerakan Tanah Landa Cisolok Sukabumi, Puluhan Warga Mengungsi

Rep: Riga Iman/ Red: Angga Indrawan
Tanah longsor (ilustrasi).
Foto: Antara
Tanah longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana pergerakan tanah melanda Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Dampaknya, sebanyak sembilan unit rumah milik warga rusak dan puluhan warga terpaksa mengungsi.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Sinarjaya RT 04 RW 01, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok. 

"Jumlah rumah yang rusak hingga saat ini sebanyak sembilan unit," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo, Jumat (6/1).

Menurut dia, bencana pergerakan tanah tersebut mulai terjadi sejak Sabtu (30/12) lalu. Jumlah rumah yang mengalami kerusakan terus bertambah banyak. Usman mengatakan, dari sembilan rumah rusak tersebut sebanyak tiga unit mengalami rusak berat (RB). Sementara sebanyak lima unit rumah rusak sedang dan satu unit lainnya rusak ringan.

Kondisi rumah yang rusak, terang Usman, sebagian besar sudah tidak bisa ditempati. Termasuk untuk satu rumah yang rusak ringan karena berpotensi bertambah berat tingkat kerusakannya. Terlebih, dalam beberapa hari terakhir intensitas hujan yang mengguyur Sukabumi masih cukup tinggi.

Para warga yang tinggal di rumah tersebut kata Usman telah mengungsi ke rumah saudara maupun ketua rukun tetangga (RT). Jumla warga yang tinggal di sana mencapai sebanyak sembilan kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 25 jiwa. "BPBD telah menyalurkan bantuan darurat berupa makanan dan kebutuhan dasar kepada para korban bencana," kata Usman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement