Rabu 04 Jan 2017 08:07 WIB

Kapolri Pimpin Upacara Pergantian Enam Kapolda

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara pergantian dan serah terima jabatan enam kapolda. Upacara dilakukan di ruang utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/1).

Enam kapolda tersebut di antaranya kapolda Jawa Timur (Jatim) yang sebelumnya dijabat Irjen Anton Setiadi kini digantikan Irjen Machfud Arifin. Kemudian jabatan kapolda Bali yang sebelumnya diemban Irjen Sugeng Priyatno kini digantikan Irjen Petrus Golose.  

 

Selanjutnya, pergantian kapolda juga terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bila sebelumnya NTT dipimpin oleh Brigjen Widodo Sunaryo kini jabatan kapolda diamanahkan kepada Brigjen Agung Sabar Sentoso.

Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Agung Sabar Santoso digantikan oleh Brigjen Andap Budi Revianto. Kemudian kapolda Sumatra Barat (Sumbar) dari Brigjen Basaruddin diserahkan kepada Brigjen Fakhrizal. Kemudian kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Brigen Fakhrizal diserahkan kepada Brigjen Anang Revandoko.

Selain pergantian kapolda, Tito juga melakukan pergantian tiga pejabat lainnya. Yakni kakorlantas Polri yang sebelumnya dipimpin oleh Irjen Agung, saat ini jabatan tersebut diamanahkan kepada Brigjen Royke Lumowa.

Asisten kapolri sarana dan prasarana (Assarpras) dari Irjen Happy Kartika kini digantikan oleh Irjen Eko Hadi Sutedjo. Kemudian Kepala Divisi Teknologi Informasi Irjen Machfud Arifin kini jabatan tersebut digantikan oleh Irjen Prasta Wahyu Hidayat.

Saat membacakan sumpah jabatan anggotanya, Kapolri berpesan, agar selalu setia dan taat terhadap Pancasila, UUD 45, dan NKRI. Dan juga senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan Polri. "Serta senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang, atau golongan," ujarnya dalam kutipan sumpah jabatan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement