Kamis 29 Dec 2016 17:55 WIB

Polisi Tasik Rekayasa Lalu Lintas Pergantian Tahun

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Yudha Manggala P Putra
Suasana perayaan malam Tahun Baru 2016 di Palembang.
Foto: ANTARAFOTO/Nova Wahyudi
Suasana perayaan malam Tahun Baru 2016 di Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Polres Tasikmalaya Kota telah menetapkan bentuk rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di momen perayaan tahun baru 31 Desember mendatang. Mulai pukul 7 malam hingga perayaan usai, ruas jalan KH Zaenal Mustofa akan steril dari kendaraan bermotor.

Berdasarkan informasi yang diterima Republika, penutupan arus permanen terjadi di arah KHZ Mustofa, Jalan DR. Soekarjo arah Kaum, R Ikik arah BRI, Damri arah kantor Pos, Nagarawangi arah Tentapel, Cihideung Balong arah Pasar Wetan, dan BRI arah Kaum.  

Adapun penutupan arus secara tentatif terjadi di alun-alun citapen, Merdeka arah Citapen, Dewi Sartika arah RM Nini Anteh, CImulu arah Jalan DR. Soekarjo, RSU arah Dadaha, Selakso arah KHZ Mustofa, Dadaha arah stadion, Pemuda arah KHZ Mustofa, Benglap arah Empang.

"Diharapkan aliran kendaraan tidak terhenti stagnan, penutupan KHZ Mustofa dari jam 7 malam sampai akhir kegiatan tahun baru. Setelah pukul 6 sore kami sterilisasi jalan supaya jalan KHZ steril," kata Kasatlantas Polres Tasik Kota AKP Sofyan Efendi di Mapolres, Kamis (29/12).

Adapun jalur masyarakat yang ingin menuju pusat kota saat malam tahun baru dapat ditempuh lewat lima rute. Pertama, dari arah Kawalu bisa menempuh Jalan Perintis Kemerdekaan-Padayungan-KHZ Mustofa-Nagarawangi-Veteran-Cihideung Balong-Panyerutan-Tentapel-Otista-Kaum. Kedua, dari arah Singaparna atau Bantar bisa lewat rute Jalan AH. Nasution-IR Juanda-Bantar-GN Sabeulah-Yudanegara-Kaum.

Ketiga, dari Indihiang perlu melewati Jalan RE Martadinata-Mitra Batik-GN Sabeulah-Yudanegara-Kaum. Keempat, dari Manonjaya bisa memilih jalan Garuda-Tentapel-Otista-Kaum. Kelima, dari Ciamis bisa dengan lewat Jalan Ahmad Yani-Pasar Pancasila-Bebedahan-Tentapel-Otista-Kaum. "Jadi kami total ada 36 titik guna antisipasi aliran kendaraan yang harus tetap gerak," ujarnya.

Adapun mengenai lokasi parkir masyarakat bisa tenang. Pasalnya Polres menyediakan lokasi parkir di setiap jalan masuk ke KHZ Mustofa. "Kantung-kantung parkir ada di sayap-sayap jalur KHZ Mustofa," ucapnya.

Ia mengimbau supaya masyarakat mematuhi aturan lalu lintas seperti mengenakan helm dan tidak berbocengan dengan tiga orang. Meski begitu, ia belum bisa memastikan melakukan penilangan di lokasi jika terjadi pelanggaran. "Lihat situasi untuk penilangan di tempat," tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement