Selasa 27 Dec 2016 15:59 WIB

Masyarakat Sumut Diimbau Waspadai Longsor

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jalur rawan longsor.   (ilustrasi)
Foto: Antara/Ampelsa
Jalur rawan longsor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Medan mengimbau masyarakat yang berlibur untuk mewaspadai cuaca saat tahun baru. Imbauan ini disampaikan, khususnya kepada pengemudi yang melalui jalur darat.

"Jelang Natal dan tahun baru tentu banyak masyarakat yang bepergian, khususnya yang naik kendaraan darat. Perlu waspada karena masih terjadi hujan, harus berhati-hati," kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan, Selasa (27/12).

Syahnan mengatakan, BMKG memprediksi, hujan dengan intensitas normal akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Hujan diperkirakan turun saat sore dan malam. Meski begitu, hujan ini, menurut Syahnan, akan turun dengan intensitas normal.

"Perlu diwaspadai juga untuk daerah seperti Sibolga, Pakpak Bharat, Nias, Tarutung, Pahae karena takut terjadi longsor. Tapi hujannya masih dalam kondisi normal karena puncaknya sudah terjadi September lalu," ujar dia.

Imbauan untuk waspada ini juga disampaikan kepada para nelayan yang akan melaut. Mereka diminta berhati-hati dan mengantisipasi angin yang terjadi di laut.

"Kalau gelombang laut masih normal antara 1-2 meter di perairan samudra Hindia. Belum ada gelombang yang signifikan tapi tetap waspada karena masih hujan, berarti masih ada badai tapi tidak ekstrim," kata Syahnan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement