Sabtu 05 Aug 2023 22:32 WIB

BMKG Minta Warga Pegunungan Sumut Waspada Dampak Hujan Lebat

Tanah longsor jadi ancama terbesar.

Hujan (ilustrasi). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan di Sumatra Utara.
Foto: republika
Hujan (ilustrasi). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan di Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan di Sumatra Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada hujan lebat di sebagian wilayah pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor, genangan air dan lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo, Sabtu (5/8/2023). 

Baca Juga

Secara umum cuaca pada pagi hari dalam dua hari ke depan di Sumatera Utara berawan dan berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Langkat, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatra Utara.

Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Samosir, Padang Lawas dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sejumlah wilayah Sumatra Utara. Hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, Asahan, Simalungun, Pematang Siantar, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 17.0 – 34.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement