Ahad 25 Dec 2016 14:28 WIB

Gempa Bumi Guncang Bima Siang Ini

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Angga Indrawan
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIMA -- Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bima pada Ahad (25/12). Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi  terjadi pada pukul 14.23 Wita berkekuatan 3,7 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.28 LS dan 119.04 BT, pada kedalaman 10 km. 

"Dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Bima dalam skala intensitas  II SIG BMKG atau (II-III MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika di Bima.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik belakang busur (back arc thrust). Terkait dengan peristiwa gempa bumi Bima yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 14.40 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. 

"Kepada warga masyarakat di Kota Bima dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi ini tidak berpotensi tsunami dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG," katanya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement