Rabu 21 Dec 2016 08:27 WIB

Gempa 6,6 SR Guncang Maluku Barat Daya

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.mediastory.net
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempabumi dengan kekuatan 6,6 skala richter di Maluku barat daya, Rabu (21/12) pagi pukul 07.17 WIB.

Lokasi gempa berada di 7.75 lintang selatan dan 128.01 bujur timur, 184 kilometer timur laut Maluku barat daya. Kedalaman gempa diprediksi berada di 173 kilometer.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan gempa dirasakan sedang di Maluku tenggara barat daya. "Gempa tidak berpotensi tsunami," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (21/12).

Sampai saat ini BPBD masih memantau perkembangan lebih lanjut. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban dan kerusakan. Dan kondisi masyarakat di sekitar lokasi gempa masih normal. "Masyarakat dihimbau tidak panik," katanya.

Ia menambahkan di daerah lokasi gempa ini memang sering terjadi gempa dengan kekuatan diatas 6 skala richter. Tetapi tidak menimbulkan kerusakan karena epicentrumnya pada kedalaman sedang hingga dalam. Daerahnya palung laut dalam dan merupakan subduksi antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement