Sabtu 17 Dec 2016 17:32 WIB

Kirab Prajurit Koarmatim Meriahkan Hari Armada

Red: Ilham
Prajurit TNI AL pada peringatan Hari Armada RI (ilustrasi).
Foto: Republika/Yusran Uccang
Prajurit TNI AL pada peringatan Hari Armada RI (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komando Armada RI Wilayah Timur (Koarmatim) menggelar kirab menyusuri jalan protokol Kota Surabaya dengan melibatkan 2.500 peserta dari instansi militer, unsur kemaritiman, dan pelajar. Acara ini untuk memeriahkan Hari Armada pada Sabtu (17/12).

"Kirab ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Armada 2016, sekaligus mengenalkan keberadaan prajurit TNI AL agar bisa dekat dengan masyarakat," kata Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksamana Muda TNI Darwanto.

Pangarmatim memberangkatkan kirab tersebut dari kawasan Tugu Pahlawan Jalan Pahlawan Surabaya. "Surabaya selain sebagai Kota Pahlawan, juga dikenal sebagai Kota Bahari dan Kota TNI AL. Melalui kirab ini, kita menggelorakan semangat kebaharian bagi warga Kota Surabaya," ucapnya.

Peserta kirab tak hanya diikuti dari TNI AL saja, namun juga melibatkan TNI AD, kepolisian, serta pelajar, dan pramuka. Selain itu, sejumlah instansi dari unsur kemaritiman juga turut bergabung dalam kirab, seperti dari Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, dan Distrik Navigasi Kelas 1 Surabaya.

Peserta kirab menempuh jarak sepanjang 4 kilometer, mulai dari Jalan Pahlawan, Jalan Gemblongan, Tunjungan, Gubernur Suryo, dan finish di depan rumah dinas Pangarmatim di Jalan Yos Sudarso. Di sepanjang rute yang dilalui itu, beberapa peserta kirab melakukan atraksi di tiga titik, yakni saat start di Jalan Pahlawan, di depan Gedung Negara Grahadi, serta menjelang finish di depan Kantor DPRD Kota Surabaya.

Atraksi itu dipertontonkan oleh Kelompok Drum Band Genderang Suling Gita Jala Taruna dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Drum Band Poltekpel Surabaya, Drum Band ATKP Surabaya, dan Drum Band SMA Hang Tuah Candi Sidoarjo.

Raisa Hapsari, salah seorang warga Sidoarjo mengaku terpukau dengan penampilan kelompok-kelompok drum band tersebut.

"Tidak cuma drum band-nya saja yang menarik perhatian saya. Itu tadi ada yang membawa serta anjing pelacak dalam barisan kirab," ucapnya.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga hadir dalam acara kirab mendampingi Pangarmatim dan jajaran Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya. Selain Gubernur Jatim, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal juga hadir.

Menurut Soekarwi, kegiatan kirab dalam rangkaian merayakan Hari Armada yang digelar Koarmatim mengingatkan bahwa Surabaya adalah Kota Bahari, sekaligus mengingatkan jika nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut.

"Kita patut berbangga punya Armatim yang selalu menjaga 70 persen wilayah laut kita, yang membuat ongkos retribusi di wilayah laut kita di bagian timur menjadi lebih murah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement