Jumat 16 Dec 2016 07:23 WIB

Depok Night Parade Sajikan Kemeriahan Festival Seni Budaya

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Angklung, salah satu khas Jawa Barat.
Foto: Antara Foto
Angklung, salah satu khas Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Untuk kali pertama, masyarakat Depok akan mendapat kemeriahan hiburan seni dan budaya pada acara Depok Night Parade yang akan diselenggarakan di sepanjang Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC) pada 16-18 Desember 2016.

Pagelaran Depok Night Parade ini diprakarsai oleh Ikatan Keluarga dan Istri DPRD Depok (IKIAD) yang berkolaborasi dengan Dewan Kesenian Depok, pemuda dan pelajar Kota Depok.

"Kami ingin berpartisipasi untuk pembangunan Depok, khususnya pembangunan manusia dengan mendorong adanya ruang-ruang kreatif untuk seni dan budaya yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Depok," ujar Chico Tangke Allo, Ketua IKIAD Depok, di Depok, Kamis (15/12).

Depok Night Parade akan dimeriahkan oleh ratusan partisipan dalam balutan kostum seni dan budaya. "Peserta dan partisipan sekitar 700-800 orang, menampilkan Opera Depok, Depok Drum Corps Forte Indonesia. Peserta dari umum dan pelajar sekota Depok," kata dia.

Chico menjelaskan, rangkaian Depok Night Parade dimulai dari Jumat (16/12) pada pukul 09.00 - 24.00 WIB. Ada berbagai bazaar menarik serta acara charity seperti donor darah, sunatan masal dan seminar tentang anak.

Selain itu juga akan ada berbagai lomba menarik, seperti lomba marching band, lomba marawis hingga lomba senam. Venue acara akan bertempat di Ruko Verbena, Grand Depok City. Lalu juga ada area budaya Depok, di mana traveler bisa belajar cara membuat dodol hingga Batik Depok.

Sedangkan untuk acara pembukaan parade, akan dimulai Sabtu (17/12) pada pukul 18.00 WIB. Pada upacara pembukaan Depok Night Parade disajikan parade kostum yang mulai berjalan dari DPRD Kota Depok menuju venue utama di GDC.

Selanjutnya pada Ahad (18/12), acara kembali dimulai pukul 18.00 WIB menyajikan tari topeng Cisalak, parade penyair, Mahameru Gardala, D’Mamente, Sharon (finalis Indonesia Idol 2016), Reisha, dan Depok Dums Corps Forte Indoensia. Acara akan berakhir pada pukul 24.00 WIB. "Depok Night Parade menjadi yang pertama dan terbesar di Kota Depok," kata Chico.

Kasatlantas Polresta Depok, Kompol Sutomo mengutarakan akan siap melaksanakan pengaturan lalulintas di kawasan tempat berlangsung Depok Night Parade di sepanjang Jalan Boulevard GDC. "Hanya jalur utama yang ditutup, sedangkan jalur lambat masih bisa dilalui. Namun bagi masyarakat yang hendak melintas sebaiknya mencari jalan alternatif," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement