Selasa 18 Oct 2016 08:59 WIB

Festival Seni Budaya Melayu Singkawang Diikuti 1.300 Peserta

Rep: C39/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SINGKAWANG -- Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten/kota se-Kalimantan Barat kembali menggelar Festival Seni dan Budaya Melayu (FSBM) XI. Kali ini, Kota Singkawang menjadi tuan rumah festival yang berlangsung pada 17- 22 Oktober 2016 di Stadion Kridasana Singkawang.

Sekretaris Panitia FSBM Suryanto mengatakan, acara festival bertema 'Menjunjung Marwah Menyambut Tuah' tersebut setidaknya diikuti oleh sekitar 1.300 orang dari 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat.

"Ada 1.300 peserta yang ikut lomba, masing-masing daerah ada yang mendatangkan 150.170, dan ada yang 200 orang. Namun, satu Kabupaten tidak bisa ikut yaitu Kayong Utara, karena mungkin sibuk menyiapkan kedatangan Presiden Jokowi soal Sail Karimata kemarin," ujar Suryanto kepada Republika.co.id di sela-sela pembukaan acara tersebut, Senin (17/10) malam.

Ribuan peserta tersebut akan mengikuti berbagai lomba di antaranya adalah lomba pencak silat, lomba bertutur, lomba rias pengantin Melayu, Syair, rancang topik Melayu, lomba sampan bidar, lomba lagu, tarian dan parade busana serta berbagai kegiatan khas tradisi Melayu lainnya.

"Acara ini untuk menjaga kelestarian budaya Melayu, sehingga tidak tergerus dengan zaman," ucap Suryanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement