Rabu 14 Dec 2016 07:39 WIB

Purwakarta Sediakan 17 Ambulans Khusus Pasien Jiwa

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Angga Indrawan
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta serius dalam menangani warganya yang mengalami gangguan jiwa. Kali ini, pemerintahan tersebut khusus mengalokasikan anggaran untuk pengadaan ambulans. Ambulans tersebut diperuntukan bagi pasien gangguan jiwa.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, sudah ada 17 ambulans khusus pasien gangguan jiwa. Jadi, satu kecamatan memiliki satu ambulans untuk orang gila. Dengan adanya ambulans ini, diharapkan penanganan terhadap warga dengan gangguan jiwa bisa cepat tertangani.

"Ambulans ini gratis," ujar Dedi, Selasa (13/12).

Sampai saat ini, sudah lebih 50 warga Purwakarta yang mengidap gangguan jiwa. Mayoritas dari mereka yaitu masih berusia produktif. Penyebab mereka terganggu jiwanya, lanjut Dedi kebanyakan karena faktor keturunan.

Menurut Dedi, jumlah ambulans yang diadakan oleh pemkab sudah mencapai 117 unit. 17 unit di antaranya untuk pasien gangguan jiwa. 100 unit, sudah disebarkan ke masing-masing desa. Menjadi, ambulans desa.

Tahun depan, akan diadakan lagi 100 unit desa. Ini dilakukan supaya masing-masing desa memiliki ambulans. Adapun jumlah desa dan kelurahan di Purwakarta, mencapai 192. Dengan begitu, ke depan akan ada desa yang memiliki dua mobil ambulans.

"Kita ingin memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement