Senin 12 Dec 2016 20:23 WIB

Jasa Marga Antisipasi Arus Balik Libur Panjang Maulid Nabi

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Gerbang Tol Cikarang Utama
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Gerbang Tol Cikarang Utama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jasa Marga memprediksi puncak arus balik libur panjang Maulid Nabi SAW yang jatuh pada Senin (12/12). Diperkirakan kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di Jalan Tol Jakarta Cikampek adalah 95 ribu lebih kendaraan atau naik 23 persen dari LHR normal.

Kemudian kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cimanggis Utama di Jalan Tol Jagorawi adalah 80 ribu lebih kendaraan naik 14 persen dari LHR normal. Adapun kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui Gerbang Tol Karang Tengah di Jalan Tol Jakarta Tangerang mencapai 100 ribu lebih kendaraan atau naik 5 persen dari LHR normal.

Jasa Marga menyiapkan antisipasi untuk arus balik, antara lain di Jalan Tol Jakarta Cikampek Jasa Marga sesuai dengan perkembangan kondisi lalu lintas, bekerja sama dengan Kepolisian, untuk melakukan: 1. Pengaturan lalu lintas sejak SS Dawuan KM 66 lokasi rawan padat karena pertemuan lalu lintas dari Purbaleunyi dan Cikampek. 2. Pengaturan buka/tutup tempat istirahat dan pelayanan sesuai kondisi di TIP 62, TIP 52 dan TIP 42. dan 3, dalam keadaan kepadatan yang luar biasa akan dilakukan contraflow Km 65+000 s/d Km 50+000

Di Gerbang Tol CIkarang Utama sendiri Jasa Marga sesuai perkembangan kepadatan, dapat melakukan, pertama, dalam kondisi darurat untuk meningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO yaitu dengan mekanisme transaksi non tunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-Toll yang dilakukan petugas Pengumpul Tol.

Selain itu, pengalihan lalu lintas ke GT Cikarang Barat 2 untuk masuk kembali di GT Cikarang Barat 4 menuju arah Jakarta. Juga penggunaan dua gardu reversible.

Disamping itu untuk Gerbang Tol Karang Tengah di Jalan Tol Jakarta Tangerang, Jasa Marga akan mengoptimalkan total 18 gardu operasi, serta melakukan pengaturan agar pengguna jalan tertib di antrean. Jasa Marga juga menyiagakan petugas jemput transaksi yang siap diterjunkan sewaktu-waktu, jika terjadi kepadatan di Gerbang Tol, untuk meningkatkan kapasitas transaksi Gerbang Tol.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement