Ahad 11 Dec 2016 14:45 WIB

Ini Kenangan JK Terhadap Sosok Mar'ie Muhammad

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Jusuf Kalla
Foto: Republika
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenang mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad sebagai sosok yang bersih saat menjabat. Mar'ie diketahui menutup usia pada hari ini Ahad (11/7). Menurut JK, Mar'ie merupakan sosok yang mengabdi kepada negara dengan sepenuh hati dan dengan cara yang baik.

"Kita kehilangan sosok yang pada saat dia menkeu atau dia menjabat dikenal sebagai Mr Clean. Yang artinya dia mengabdi dengan sepenuh hati, dia mengabdi dengan cara yang baik, yang bersih. Sehingga dia tidak melibatkan siapa-siapa. Tapi dia sendiri bersih," kata JK saat melayat di kediaman Mar'ie di Jakarta, Ahad (11/12).

Mantan menteri keuangan di era orde baru, Mar'ie Muhammad meninggal dunia, Ahad (11/7) sekitar pukul 01.37 WIB. Sebelum meninggal dunia, Marie Muhammad memang telah dirawat di RS Pusat Otak Nasional sejak pertengahan November lalu.

Mar'ie Muhammad menjabat sebagai Menkeu pada periode 1993 sampai 1998 di era Presiden Soeharto. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai dirjen pajak dari tahun 1988 sampai 1993.

 

Keuangan negara memang menjadi spesialisasi pria kelahiran 3 April 1939 tersebut. Pengabdian awalnya dilakukan di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI pada 1969-1972, kemudian mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur (1972-1988).

Mar'ie tercatat pernah menjadi Ketua Oversight Committee (OC) BPPN, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement