Jumat 09 Dec 2016 15:12 WIB

Jokowi Janji Segera Bangun Kembali Aceh Pascagempa

Presiden Joko Widodo (tengah) melihat kondisi bangunan Masjid Atta Darut yang rusa berat di Pidie Jaya, Aceh, Jumat (9/12).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (tengah) melihat kondisi bangunan Masjid Atta Darut yang rusa berat di Pidie Jaya, Aceh, Jumat (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BIREUEN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan segera membangun kembali tiga kabupaten yang terdampak bencana gempa bumi yakni Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen di Aceh. "Ini adalah cobaan Allah. Marilah kita hadapi dengan sabar, tabah, tawakal dan Insya Allah kita carikan solusi," kata Presiden Jokowi di Masjid Besar Samalanga, Jalan Masjid Kecamatan Samalanga Bireuen, Aceh, Jumat (9/12).

Presiden berjanji pemerintah pusat akan berusaha secepatnya membangun kembali bangunan-bangunan yang rusak karena gempa. Dengan begitu masyarakat di wilayah tersebut dapat segera memulai kehidupan normalnya kembali.

"Pemerintah pusat berusaha secepatnya membangun kembali, terutama fasilitas umum, masjid, pondok pesantren, sekolah dalam waktu secepatnya," ujar Presiden.

Selain itu rumah warga yang rusak juga dijanjikan akan diberi stimulus bantuan. "Rumah masyarakat diberi stimulus bantuan, tidak banyak, (tapi) semoga mendorong pembangunan kembali di tiga kabupaten, bisa kembali ke normal kembali," ucapnya.

Sejumlah pejabat dan menteri yang mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kesempatan tersebut yakni Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Plt. Gubernur Aceh Soedarmo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement