Rabu 07 Dec 2016 08:05 WIB

Sebagian Jalan Nasional di Sukabumi Rusak Parah

Rep: Riga Iman/ Red: Nur Aini
Jalan rusak, ilustrasi
Foto: Republika/Musiron
Jalan rusak, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Keberadaan jalan nasional di Kota Sukabumi mulai mengalami kerusakan cukup parah. Jalan tersebut berlubang cukup dalam dan membahayakan keselamatan pengguna kendaraan baik roda empat maupun sepeda motor.

Kondisi jalan yang rusak ini misalnya terlihat di Jalan Siliwangi, Jalan R Syamsudin, Jalan Suryakencana, Jalan Bhayangkara. Selan jalan nasional, sejumlah jalan provinsi pun mengalami kerusakan seperti Jalan Pelabuhan Lembursitu. "Jalannya berlubang cukup dalam dan berbahaya untuk dilintasi,’’ kata salah seorang pengguna kendaraan warga Cikole, Tisna Kurnia (31 tahun), Rabu (7/12).

Terkadang, banyak kendaraan terutama sepeda motor yang masuk ke dalam lubang dan akhirnya terjatuh. Menurut Tisna, kerusakan jalan di wilayah kota memang sudah sering terjadi. Bahkan, ketika selesai diperbaiki dengan sistem tambal sulam maka dalam jangka waktu dekat sudah mengalami kerusakan kembali.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membenarkan adanya jalan nasional dan provinsi di kota yang berlubang dan membahayakan. "Kami sudah laporkan ke BPJ (Balai Pengelolaan Jalan-red) untuk segera ditangani,’’ kata dia.

Fahmi menerangkan, jalan yang rusak tersebut harus ditingkatkan kualitas jalannya menjadi beton. Hal ini disebabkan jika dilakukan dengan pengaspalan biasa maka dalam waktu dekat akan cepat rusak. Kondisi tersebut dikarenakan jalan di kota seringkali dilintasi kendaraan berat seperti truk besar. "Kami minta perusahaan semen yang kendaraanya melintasi jalur itu ikut memberikan perhatian,’’ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement