Rabu 07 Dec 2016 06:43 WIB

Gempa Aceh Sebabkan Kerusakan di Berbagai Daerah

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Ilham
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 skala richter telah terjadi di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Nangroe Aceh Darussalam, sekitar pukul 05.03 WIB hari ini (7/12). Demikian menurut rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, pusat gempa terletak pada koordinat 5,25 LU dan 96,24 BT. Tepatnya di darat pada jarak 106 kilometer arah tenggara Banda Aceh dengan kedalaman 15 km.

Guncangan kuat menjalar hingga meliputi daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser.

“Ini sesuai laporan sementara dari zona gempa bumi bahwa gempa bumi ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/12).

Sampai pukul 05.30 WIB, sudah terjadi gempa susulan sebanyak lima kali, dengan kekuatan terbesar 4,8 skala richter. “Tampak bahwa tren kekuatan gempa bumi susulan semakin kecil, sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang. Selanjutnya mengikuti arahan BPBD setempat dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement