Ahad 04 Dec 2016 14:11 WIB

Busnya Dipakai Parade Kebudayaan, Ini Jawaban PT Transjakarta

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Bus transjakarta dikerahkan untuk mengangkut peserta parade kebudayaan yang digelar di Jakarta pada Ahad (4/12).
Foto: dok.Istimewa
Bus transjakarta dikerahkan untuk mengangkut peserta parade kebudayaan yang digelar di Jakarta pada Ahad (4/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transjakarta menerima laporan dari masyarakat bahwa salah satu operator bus Transjakarta memanfaatkan bus dengan logo Transjakarta di luar rencana operasional. Bus Transjakarta dikabarkan digunakan untuk parade kebudayaan yang digelar pada Ahad (4/12) ini.

Mengetahui hal tersebut, direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan Transjakarta akan menindaklanjuti laporan tersebut. ''Dari foto dan laporan masyarakat, ada bus operator tertentu yang gunakan bus dengan logo Transjakarta di luar rencana operasional. Dari pelapor belum diketahui apakah bus dipasangkan atribut partai tertentu,'' kata Budi, dalam siaran persnya, di Jakarta, Ahad (4/12).

Dari temuan ini, Transjakarta akan memanggil operator tersebut. Karena, regulasi mengatur bahwa setiap bus yang dikontrak Transjakarta atau berlogo Transjakarta hanya digunakan untuk operasional Transjakarta.

Apabila akan digunakan untuk kegiatan kepentingan pelayanan publik lainnya, harus menginformasikan terlebih dahulu kepada manajemen Transjakarta untuk bisa ditinjau penggunaannya.

Ia menegaskan, Transjakarta akan memberikan sanksi kepada operator atas setiap pelanggaran yang dilakukan. Mulai dari denda, sanksi administratif dan yang terberat pemutusan kerja sama kedua belah pihak.

''Kami akan memanggil mereka untuk tahu lebih detail kejadian ini, agar bisa mendapatkan informasi yang berimbang,'' ucapnya.

Menurutnya, Transjakarta sebagai perusahaan pelayanan publik harus menjaga netralitas dengan tidak memihak kepada golongan atau kelompok tertentu. Budi juga mengingatkan kepada seluruh operator, untuk mematuhi aturan bahwa operasional bus hanya untuk melayani pelanggan Transjakarta. Hal itu sebagai komitmen perusahaan daerah yang bergerak di bidang transportasi publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement