Jumat 02 Dec 2016 17:31 WIB

Relawan Aksi Super Damai 212 Bersihkan Sampah Monas

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Hiru Muhammad
Santri asal Ciamis membersihkan sampah yang tertinggal usai berlangsungnya aksi Super Damai 212 di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Santri asal Ciamis membersihkan sampah yang tertinggal usai berlangsungnya aksi Super Damai 212 di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Usai shalat Jumat (2/12), relawan kebersihan Aksi Super Damai 212 segera mengumpulkan sampah dan merapikan aneka perlengkapan yang mereka gunakan selama acara di Lapangan Monas.

Di area akhwat, para relawan kebersihan nampak sibuk memunguti sampah yang terlihat di area aksi damai. Operasi semut ini terus berlangsung sejak saat shalat Jumat berlangsung di tengah hujan, hingga shalat Jumat usai. Sampah yang dikumpulkan mereka masukkan dalam sejumlah kantung plastik hitam besar dan dikumpulkan jadi satu di beberapa tempat. 

Para peserta Aksi Super Damai 212 juga terlihat membantu ikut memunguti sampah saat shalat Jumat usai. Mereka mengumpulkan sampah di dekat pintu keluar Stasiun Gambir. Relawan kebersihan juga nampak membongkar pipa-pipa yang sebelumnya digunakan mengalirkan air wudhu. Mereka memindahkan pipa ke luar area Monas dan mengumpulkan potongan bambu sebagai tiang-tiang penyangga pipa di beberapa titik untuk diangkut petugas kebersihan.

Usai shalat Jumat dan area lapangan Monas berangsur sepi. Tiga truk pengangkut sampah pengelola Monas terlihat mengangkut kantung-kantung sampah yang dikumpulkan relawan kebersihan dan peserta aksi. Melalui pengeras suara, pengelola Monas meminta agar pengunjung yang masih berada di sekitar Lapangan Monas usai aksi tidak menginjak atau duduk di rumput dan tidak membuang sampah sembarangan.

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement