Jumat 02 Dec 2016 14:21 WIB

Jokowi-JK Spontan Shalat Jumat di Monas, JK: Kita Yakin Aksi Damai

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Monas untuk melaksanakan shalat Jumat bersama jutaan ummat yang ikut dalam Aksi Super Damai Bela Islam Jilid III, Jumat (2/12).
Foto: Republika/Halimatus Sa'diyah
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Monas untuk melaksanakan shalat Jumat bersama jutaan ummat yang ikut dalam Aksi Super Damai Bela Islam Jilid III, Jumat (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) Jumat (2/12) siang tadi melaksanakan ibadah shalat Jumat di lapangan Monas bergabung dengan massa peserta aksi Bela Islam III. Menurut JK, ibadah shalat Jumat yang dilakukan di lapangan Monas tersebut dilakukan secara spontan dan tak direncanakan sebelumnya.

 “Memang spontan tadi dan tidak direncanakan bahwa toh rakyat dan kita yakin bahwa itu pertemuan damai dengan doa,” kata JK usai mengikuti shalat Jumat di lapangan Monas bersama Presiden Jokowi, di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (2/12).

Ia pun menyampaikan, meskipun Presiden juga mendengarkan doa dari para massa peserta aksi terkait tujuan dilakukannya aksi damai ini, JK mengatakan akan tetap menyerahkan kasus dugaan penistaan agama pada proses hukum yang berlaku. “Jadi walaupun tentu Presiden mendengarkan apa yang niatnya dan tentu semuanya disalurkan ke jalur hukum. Itu saja,” kata JK. (Baca: Jokowi-JK Ikut Massa Aksi 212 Shalat Jumat di Tengah Hujan)

Usai melaksanakan shalat Jumat bersama, JK mengaku sempat bertemu dengan para ulama yang berkumpul. Kendati demikian, menurut dia, baik Presiden Jokowi dan JK hanya sempat berjabat tangan dengan para ulama.  “(Obrolan) Ndak, ndak, ndak. Mana bisa dengan begitu banyak orang. Jabat, jabat tangan saja,” kata dia.

JK pun meyakini aksi massa yang digelar hari ini akan berlangsung damai dan aman. Sebelumnya, saat akan bersiap diri menuju masjid Baiturrahman di kompleks Istana Kepresidenan, JK sempat menyampaikan kepada wartawan bahwa lapangan Monas sudah dipenuhi oleh para massa aksi. “Sudah penuh,” ucap dia.

Kemudian saat ditanya apakah Jokowi juga turut serta akan menunaikan ibadah shalat Jumat di masjid Baiturrahman, JK pun hanya menunjuk ke arah masjid di dalam Kompleks Istana Kepresidenan. Namun tiba-tiba, Presiden Jokowi dan Wapres JK berjalan kaki menuju lapangan Monas melalui pintu gerbang Istana Merdeka di tengah hujan yang tiba-tiba mengguyur. Jokowi dan JK tampak menggunakan kemeja putih dan celana hitam saat akan menunaikan ibadah shalat Jumat. (Baca juga: Peserta Aksi Super Damai Bubarkan Diri Sambil Bershalawat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement