Jumat 02 Dec 2016 05:06 WIB

Massa Aksi Gelar Shalat Subuh di Luar Pagar Monas

Rep: Muhyiddin/ Red: Indira Rezkisari
Kendaraan baracuda melintas di kawasan Monas saat persiapan aksi 212, Jakarta, Kamis (1/12).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Kendaraan baracuda melintas di kawasan Monas saat persiapan aksi 212, Jakarta, Kamis (1/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Massa aksi 212 mulai berdatangan ke lokasi acara di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12) pagi pukul 04.30 WIB. Tampak ratusan massa aksi perempuan dan massa aksi laki-laki menunggu gerbang Monas dibuka, tepatnya pintu gerbang di belakang Staisun Gambir.

Sementara, sebagian lainnya massa laki-laki melaksanakan shalat di luar gerbang. Bahkan, beberapa ada juga yang shalat di pinggir jalan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, di antara massa aksi yang melakukan shalat subuh jamaah tersebut terdapat puluhan santri dari Citayam, Depok. "Dari Citayam, dari pesantren," ujar salah satu santri saat akan mengikuti shalat subuh berjamaah tersebut.

Seperti diketahui, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) dan Polri telah sepakat bahwa Aksi Bela Islam III untuk mengawal proses hukum terhadap kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan agama akan dilakukan di Monas, Jakarta. Aksi unjuk rasa kali ini dinilai harus tetap bernilai ibadah, sehingga aksi dilakukan secara super damai dan bukan hanya damai saja.

Aksi tersebut masih akan dimulai pukul 08.00 WIB dan akan bsrakhir pukul 13.00 WIB. Sampai saat ini, pintu Monas belum juga dibuka. Puluhan Satpol PP pun juga sudah tampak berjaga di pintu gerbang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement