Selasa 21 Feb 2017 09:31 WIB

Komisi III DPR Siap Terima Perwakilan Massa Aksi 212

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan
Bambang Soesatyo
Foto: Republika/Wihdan
Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, hari ini siap menerima perwakilan Forum Umat Islam (FUI) yang akan menggelar aksi damai 212 di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/2). Salah satu tuntutannya adalah meminta Komisi III DPR mendesak Presiden Joko Widodo memberhentikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Komisi III siap menerima aspirasi dan tuntutan yang akan disampaikan secara damai dan tertib serta berharap tidak ada aksi anarkis," kata pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, di Jakarta, Selasa (21/2).

Menurut dia, perwakilan FUI akan menemui Komisi III, yang terdiri atas fraksi -fraksiyang ada. Setelah itu, Komisi III akan menyampaikan surat dan aspirasi kepada seluruh pimpinan fraksi yang ada di Komisi III, agar bisa mendesak kepada Presiden agar segara memberhentikan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari gubernur sesuai perintah UU.

"Tuntutan tersebut akan segera diteruskan ke pemerintah dan penegak hukum melalui pimpinan DPR," ujar dia.

Adapun tiga tuntutan yang akan disampaikan berdasarkan informasi, yaitu menonaktifkan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku, menghentikan kriminalisasi ulama, dan membebaskan mahasiswa yang ditahan karena demo dan menyampaikan aspirasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement