Rabu 30 Nov 2016 17:20 WIB

Longsor Sebabkan Jalan Desa di Cibadak Terputus

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jalan longsor (ilusrasi)
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Jalan longsor (ilusrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Bencana longsor menyebabkan jalan desa di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi terputus total Rabu (30/11) pagi. Dampaknya, akses mobilitas warga terhambat dan harus mencari jalan alternatif.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, longsor tersebut terjadi di Kampung Cidahu Tonggoh, Desa Tangkil, Cibadak. Jalan tersebut menghubungkan antara Kampung Cidahu Tonggoh dengan Kampung Babakan Pari Tangkil.

‘’Jalan terputus total dan tidak bisa dilintasi sama sekali baik kendaraan roda empat maupun sepeda motor,’’ terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo kepada wartawan.

Jalan yangmencapai sepanjang 15 meter dan lebar tiga meter tersebut terbawa longsor dan menimbun sawah. Menurut Usman, upaya perbaikan jalan tersebut diperkirakan memerlukan waktu yang lama. Pasalnya, jalan tersebut bukan amblas sebagian melainkan tergerus longsor.

Nantinya, upaya perbaikan tersebut menjadi kewenangan instansi teknis.Bencana tersebut lanjut Usman, tidak menimbulkan korban jiwa hanya menyebabkan kerusakan jalan. Sementara itu untuk akses jalan bagi warga masih bisa dengan melintasi jalur alternatif. Usman mengungkapkan, longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Selain di Cibadak, peristiwa longsor juga terjadi di Kecamatan Cisolok. ‘’Di jalan Cisolok, jalanan hanya tertutup material batu sehingga bisa dibersihkan untuk dilintasi kembali,’’ imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement