Sabtu 26 Nov 2016 13:35 WIB

Kemenpar Anggarkan Rp 130 M Bangun Poltek Pariwisata Palembang

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Ribuan warga Palembang menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Jembatan Ampera, Palembang Rabu (9/3).
Foto: Republika/Maspril Aries
Ribuan warga Palembang menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Jembatan Ampera, Palembang Rabu (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Politeknik (Poltek) Pariwisata Palembang yang baru saja beroperasi pada September 2016 akan memiliki kampus terpadu di kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan membangun kampus tersebut pada 2017.

“Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan membangun kampus Poltek Pariwisata Palembang dengan dana APBN 2017 sebesar Rp 130 miliar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Irene Camelyn, Jumat (25/11).

Menurut Irene Camelyn yang juga Direktur Poltek Pariwisata Palembang,  kampus terpadu yang akan dibangun tersebut selain gedung perkuliahan juga akan dilengkapi laboratorium untuk setiap program studi. “Seperti laboratorium untuk seni kuliner ada dapur,pantri, bar dan lain sebagainya. Juga laboratroium divisi kamar seperti hotel bintang lima dengan fasilitas kolam renang, kamar hotel dan sebagainya," kata dia.

Kepala Disbudpar Sumsel menjelaskan, kampus Poltek Pariwisata Palembang akan dibangun di atas lahan seluas 20,33 hektare. “Letaknya berada di samping lokasi Bank Sumselbabel. Pembangunan gedungnya bertingkat,  maksimal empat lantai saja dan tanpa lift,” ujar Irene.

Poltek Pariwisata Palembang telah memulai kuliah perdana pada 2 September 2016 yang ditandai dengan kuliah perdana dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin berlangsung di dinning hall wisma atlet komplek Jakabaring Sport City (JSC) dengan diikuti mahasiswa angkatan pertama 2016/2017.

Kuliah perdana sekaligus sebagai tanda berdirinya politeknik pariwisata pertama di Sumatera juga dihadiri Menteri Pariwisata yang diwakili Deputi Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya kepada pelaksana tugas (Plt) Direktur Poltek Pariwisata Palembang Irene Camelyn.

Menurut Irene Camelyn, untuk perkuliahan pertama para mahasiswa Poltek Pariwisata Palembang menggunakan gedung dan fasilitas wisma atlet sambil menunggu berdirinya gedung perkuliahan yang direncanakan akan selesai pembangunannya pada 2017.

Mahasiswa angkatan pertama Poltek Pariwisata Palembang berasal dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Polteknik Pariwisata Palembang merupakan lembaga pendidikan tinggi program diploma III (D III)  untuk Jurusan Hospitaliti dengan Program Studi (Prodi) Tata Hidang, Seni Kuliner dan Divisi Kamar. Juga ada program diploma IV atau D IV jurusan Perjalanan dengan Prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement