Kamis 24 Nov 2016 10:48 WIB

Transportasi Publik Harus Jangkau Permukiman Warga

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andi Nur Aminah
Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) melintas salah satu halte di Jakarta
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) melintas salah satu halte di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai, layanan transportasi umum di DKI harus diperbaiki. Salah satunya, moda transportasi umum harus bisa menjangkau semua wilayah di DKI untuk memudahkan pengguna transportasi publik. Ia berjanji akan memperbaiki persoalan tersebut jika terpilih dalam Pilkada DKI 2017.

"Harus ada pengintegrasian transportasi massal dengan permukiman-permukiman penduduk, aktivitas publik, dan moda transportasi publik dari luar Jakarta," kata dia di Jakarta, Kamis, (24/11).

Menurutnya, langkah itu perlu dilakukan agar warga bisa mengakses transportasi publik secara mudah, murah, aman dan nyaman. Saat ini, kata dia, moda transportasi publik belum memenuhi beberapa aspek tersebut. Hal itu terlihat dari masih banyaknya warga ibu kota yang masih setia menggunakan kendaraan pribadi.

Pendamping Anies, Sandiaga Uno menambahkan, kerja sama dengan berbagai pihak perlu dilakukan untuk mengembangkan sektor transportasi publik. Sinergi dengan pengusaha maupun koperasi transportasi harus terus ditingkatkan. Kerja sama tersebut, kata dia, bisa dalam bentuk apapun, misalnya bantuan perbaikan kualitas armada.

"Jadi pemerintah nggak bisa bekerja sendiri, kita harus bersama-sama membangun Jakarta, termasuk membenahi sistem dan manajemen transportasi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement